Inspiration

Lima Resep Sederhana Tetap Rukun, Sehat dan Kuat hingga Pesta Emas Perkawinan

Minggu malam (10/9), saya mendapat kesempatan melayani pasangan suami istri (pasutri) yang merayakan Pesta Emas Perkawinan mereka. Adalah pasutri Joseph Budi Wijaya dan Maria Ariyani yang berpesta ulang tahun perkawinan yang ke-50. Budi WIjaya saat ini berusia 81 tahun, sementara Ariyani berusia 79 tahun. Perayaan dilaksanakan di salah satu ruangan sebuah tempat di Ungaran.

Kendati usia sudah 81 dan 79 tahun, namun pasutri Budi Wijaya dan Ariyani masih tampak sehat dan kuat. Budi WIjaya masih biasa stir mobil sendiri dan kerap kali dengan kecepatan tinggi alias ngebut. Langkahnya juga masih terbilang tegap. Kesehatan yang sama dialami oleh istri tercintanya, Ariyani.

Dalam lima puluh tahun perkawinan, mereka dikaruniai tiga putri dan tiga cucu. Dua putrinya bekerja dan tinggal Texas, USA. Yang pertama sejak tahun 1998 (Ineke). Yang kedua sejak tahun 2003 (Susan). Satu putri bersama dua putri-putrinya tinggal di Jakarta (Rensy). Ketiga cucu mereka dalah Florentina (12 tahun), Michael (8 tahun) dan Eliana (6 tahun).

Saya berfoto bersama pasutri Josep Budi Wijaya-Maria Ariyani yang berpesta emas perkawinan bersama tiga putri dan dua cucu yang hadir. Sumber: Dok. pribadi

Mau tahu, apa resep sederhana pasutri Budi Wijaya-Ariyani hingga perkawinan mereka bertahan sampai usia 50 tahun? Dengan jujur dan tulus mereka mengakui bahwa mengarungi perkawinan selama 50 tahun tidaklah mudah. Ada banyak tantangan dan kesulitan yang terjadi. Kesulitan ekonomi dan sosial, tetapi juga kesulitan personal antarsuami-istri. Dan inilah resep sederhana yang dibagikan oleh pasutri Budi Wijaya-Ariyani hingga sampai pada Pesta Emas perkawinan itu.

Pertama, mereka selalu belajar untuk saling menerima kekurangan satu terhadap yang lain. Kedua, mereka terus-menerus belajar untuk saling mengampuni bila terjadi kesalahan satu terhadap yang lain. Ketiga, mereka juga belajar untuk saling mengalah dan tidak memaksakan kehendak apabila terjadi perbedaan pendapat di antara mereka. Keempat, mereka membawa setiap persoalan hidup yang dihadapi dalam doa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kelima, meski disebut terakhir namun ini yang utama, yakni mendasarkan hidup perkawinan pada cinta kasih yang tulus.

Itulah lima resep sederhana menjaga usia perkawinan dapat bertahan hingga lima puluh tahun. Tak hanya itu, kelima hal itu juga membuat pasutri yang sudah mengarungi Pesta Emas perkawinan itu tetap rukun, sehat, kuat dan bersemangat, serta tidak mengalami tanda-tanda kepikunan. Semoga para pasutri yang masih baru dapat mencontoh resep sederhana mereka ini hingga perkawinan mereka pun kelak bisa mencapai usia Pesta Emas dan tetap dikaruniai kesehatan dan kekuatan.***

Gambar Sampul: Pasutri Josep Budi Wijaya-Maria Ariyani berdansa dengan iringan saksofon saya. Sumber: Dok pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3674095499278334?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.