Inspiration

Selamat Datang Romo, Maaf, Belum Bisa Menempati Kamar Baru Ya!

Senin, pukul 01.30 WIB, tiba-tiba daku terbangun. Padahal, tidurku semalam juga sudah agak larut. Ada sesuatu yang menggelisahkan diriku. Inilah hal yang membuatku gelisah dan tiba-tiba terbangun itu.

Pada hari Minggu siang (10/9/2107), Romo FX Suyamto Pr, Vikaris Parokial yang baru untuk Paroki Kristus Raja Ungaran tiba di Pastoran Ungaran, pada pukul 13.00 WIB. Sedikitnya, 150 Umat dan Dewan Paroki dari Paroki Sragen menghantar kepindahan Romo Yamto ke Ungaran. Tak kurang, Romo Petrus Supriyanto Pr pun turut menghantarkan Romo Yamto ke Ungaran.

Romo Yamto pindah dari Sragen ke Ungaran untuk menggantikan posisi saya sebagai Vikaris Parokial Kristus Raja Ungaran yang sejak Juni 2017 lalu mendapat tugas baru sebagai Pastor Kepala Reksa Pastoral Kampus (Campus Ministry) Unika Semarang. Soegijapranata. Sementara ini, saya sendiri masih menunggu kepindahan ke tempat yang baru, yakni Pastoran Unika Soegijapranata yang masih dalam tahap akhir proses penyelesaian. Tinggal melengkapi bagian mebeler.

Tentunya, pada saatnya, perpindahan dari Pastoran Ungaran ke Pastoran Unika Soepra akan tiba bila SK Pencambutan tugas lama dan SK Pemindahan sudah diberikan kepadaku. Sementara ini, baru SK Penugasan di Unika Semarang per 1 Juni 2017 yang kuterima untuk menggantikan Romo Y Gunawan Pr yang sudah berangkat ke Roma. Sementara itu, sampai dengan tanggal 15 September 2017, statusku masih tertulis sebagai Vikaris Parokialis (sebelumnya istilahnya pastor pembantu namun sering dipelesetkan menjadi pembantu pastor hehehe) Paroki Ungaran.

Pada kesempatan penyambutan itu, Romo Supriyanto Pr memberi pesan kepada Romo Yamto agar tetap mengandalkan Tuhan dalam doa. Itulah kekuatan seorang imam di mana pun bertugas. Seraya mengamini yang disampaikan Romo Supriyanto, saya mengatakan bahwa di Ungaran, kesempatan untuk berdoa berlimpah khususnya di Kapel Adorasi Ekaristi Abadi yang dibuka 24 jam tiap hari.

Romo Y Sudarmadi Pr sebagai Pastor Paroki Ungaran megajak semua yang hadir untuk menyanyi lagu “Mangga Ndherek Gusti“. Di mana pun kita bertugas, semua Pastor itu Ndherek Gusti.

Selain para Romo yang diminta memberi sambutan, Hesty yang menjadi pembawa acara juga meminta Robertus Rob Wakil Ketua Dewan Paroki Ungaran untuk menyampaikan sambutannya. Demikian pula Alb Hanung Wakil Ketua Dewan Parokj Sragen. Robertus mengucapkan selamat datang. Hanung menyampaikan ucapan selamat bertugas di tempat baru.

Acara penyambutan Romo Yamto yang ditandai dengan makan soto dan bakso itu diawali dengan doa oleh Puji Lestari dan ditutup oleh Supangadi. 

Sesudah acara penyambutan usai, melihat beberapa dos barang milik Romo Yamto yang tertumpuk di luar kamar, hatiku terharu sekaligus tergerak untuk segera membereskan kamar yang saat ini masih kutempati yang mestinya akan beliau tempati. Meski aku sendiri juga belum bisa beranjak dari Ungaran sebelum pastoran baru yang akan kutempati nanti selesai dipersiapkan.

Selamat datang Romo Yamto. Selamat bertugas di tempat yang baru. Mohon maaf ya, atas (barangkali) ketidaknyamanan ini yang untuk sementara harus menempati kamar tamu sebab kamar yang akan Romo tempati masih saya tempati, sampai pada saatnya saya berangkat pindah dari Ungaran ke Pastoran Unika Semarang nanti. Semua itu adalah bagian dari ketaatan iman kita sebagai para ImamNya.***

Gambar Sampul: Saya dan Romo Yamto bersama sejumlah umat yang mengantar kepindahannya. Sumber Dok Pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3498709111471598?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.