Inspiration

Mari Menjadi Pelaku-Pelaku Kebaikan

Sekali peristiwa sosok yang bernama Yesus menyampaikan kisah ini kepada orang-orang yang selalu mengkritiknya. Ada orang mempunyai dua anak laki-laki. Ia pergi kepada yang sulung dan berkata, “Anakku, pergilah bekerja di kebun anggur hari ini!” Jawab anak itu, “Baik, Bapa.” Tetapi ia tidak pergi.

Lalu orang itu pergi kepada anak yang kedua dan berkata demikian juga. Dan anak itu menjawab, ‘Tidak mau!’ Tetapi kemudian ia menyesal lalu pergi juga. Selengkapnya kisah ada dalam Matius 21:28-32. 

Kisah itu memberi inspirasi bagi kita bahkan kunci untuk menjadi pelaku-pelaku kebaikan dalam kehidupan ini. Sederhana sekali, untuk menjadi pelaku-pelaku kebaikan, hanya dibutuhkan keselarasan antara ucapan dan kelakuan, antara perkataan dan tindakan. 

Saya dan Mas Yunan Helmi berbincang tentang kebaikan yang harus kami wujudkan demi kerukunan dan persaudaraan. Pemilik hak cipta. Sumber: Dok Pribadi

Kebaikan tak cuma hanya sebuah omongan, melainkan menyangkut perbuatan. Hal-hal baik yang kita ucapkan kita diwujudkan dalam perbuatan sehari-hari. Itulah kunci sederhana menjadi pelaku-pelaku kebaikan.

Bila demikian, maka secara otomatis kita pun akan bertumbuh menjadi orang-orang baik dalam kehidupan ini. Orang baik ditentukan oleh kesesuaian antara ucapan-ucapan yang baik dan diwujudnyatakan dalam kehidupan nyata melalui perilaku, tindakan dan perbuatan yang baik pula! 

Tapi jangan khawatir apabila kita bisa belum mampu melakukannya. Selalu ada kesempatan terbuka lebar untuk menyadari, menyesali dan kemudian mengubah hati dan budi agar kita bisa menjadi pelaku-pelaku kebaikan itu seumur hidup kita. Itulah yang disebut penyesalan dan pertobatan, perubahan menjadi baik terus-menerus. Semoga demikianlah kita dalam kehidupan ini!***

Gambar sampul: Mas Yunan Helmi dan saya berbincang-bincang tentang kebaikan yang harus kami wujudkan demi kerukunan dan persaudaraan. Sumber: Dok Pribadi.

Sumber http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1918782050291181?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=app_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.