Inspiration

Curhat Jumat Keramat, Belajar Kuat Semangat Kendati Tidak Hebat!

Tulisan ini berisi curhat. Curhat tentang pengalaman perdanaku menjalani jadwal yang amat padat di Hari Jumat. Maka kusebut saja sebagai Jumat Keramat belajar menjadi kuat dalam semangat kendati aku bukan orang hebat seperti kebanyakan para pejabat! Itulah inti dari judul tulisan terbut.

Foto-foto yang menjadi gambar sampul dan ilustrasi dalam artikel ini merupakan foto yang diambil dengan perangkat android saya. Tergambar di sana, suasana ruang kuliah Magister Hukum Kesehatan dan suasana Misa Jumat yang dilaksanakan di Kapel St. Ignatius Unika Soegijapranata.

Suasana ruang kelas Magister Hukum Kesehatan Unika Seogijapranata tempat aku mengajar Moral Hidup. Pemilik hak cipta. Sumber: Dok pribadi.

Kembali ke judul artikel ini. Mengapa hari Jumat menjadi keramat, terutama bagiku yang tidak hebat? Begini, mulai hari Jumat kemarin (13/10/2017), saya mengalami dinamika hidup sebagai berikut. Sesudah bangun pagi hari, berdoa syukur atas hari baru serba singkat, lalu mandi. Sesudah mandi, kunikmati mazmur-mazmur harian pagi, lalu sarapan. Sesudah sarapan, kumeluncur menuju Kampus Unika Soegijapranata Semarang dari pastoran Ungaran. 

Dinamika hidup harian seperti itu sudah kujalani sejak tanggal 19 Juni 2017, tiga hari sesudah kujalani “sertupel” serah terima tugas pelayanan sebagai Pastor Campus Mimistry Unika Soegijapranata. Dari Senin sampai Jumat, kujalani hidup “mengantor”. Resminya jam kantor adalah pukul 08.00 – 16.00 WIB. Tempatnya di Kantora Kepala Campus Ministry di Lantai IV Gedung St. Mikael Unika Soegijapranata Semarang. Tentang “sertupel” ini, pernah kutulis dan bagikan melalui laman Investor Daily di id.beritasatu.com (17/06/2017).

Khusus pada hari Senin, Kamis dan Jumat, aku sudah tiba di kantor rerata pada pukul 06.30-07.00 WIB. Mengapa? Sebab pada pukul 07.30-09.30 WIB saya terjadwal harus mengajar mata kuliah Pendidikan Agama (Religiositas) di kelas Psikologi 2, Manajemen Unggulan dan Psikologi 1.

Suasana Misa Jumat di Kapel St. Ignatius Unika Soegijapranata Semarang. Pemilik hak cipta. Sumber: Dok pribadi.

Nah, khusus hari Jumat, ternyata jadwalnya teramat padat, terutama mulai Jumat (13/10/2017). Terhitung sejak pukul 06.30-an saya sudah berada di kampus. Pukul 07.30 mulai mengajar hingga pukul 09.30 di kelas Psikologi 1. Sesudah mengajar, kembali ke kantor untuk urusan-urusan Campus Ministry bersama Tim RPK (Reksa Pastoral Kampus). Pukul 11.30 berangkat ke Kapel St. Ignatius untuk persiapan merayakan Ekaristi bersama mahasiswa, karyawan, dan dosen. Misa berlangsung antara pukul 12.00-13.00 kurang lebihnya. Kadang-kadang sebelum dan sesudah Misa masih ada yang meminta pelayanan Sakramen Tobat. Sesudah Misa usai dilanjutkan rapat The Seogijapranata Institute (TSI). Rerata rapat hingga pukul 15.00/16.00-an tergantung isi pembicaraan.

Suasana Khusyuk Misa Jumat di Kapel St. Ignatius Unika Soegijapranata Semarang. Pemilik hak cipta. Sumber: Dok pribadi.

Nah, dan inilah yang menjadikan Jumat Keramat. Sesudah rapat TSI, isrirahat sejenak di ruangan, cuci muka, lalu mengajar lagi para mahasiswa untuk program Magister Hukum Kesehatan Unika Seogijapranata, pukul 17.30-20.30, mata kuliah Moral Hidup Manusia. Itulah sebabnya, hari Jumat menjadi keramat bagiku oleh sebab jadwal pelayanan yang padat itu. Terhitung dari pukul 06.30-an hingga pukul 20.30-an saya hidup di kampus. Saat datang parkiran masih sepi, demikian juga saat pulang parkiran sudah sepi hihihihi!

Syukur kepada Allah, Tuhan memberi kekuatan dan semangat, sehingga daku masih tetap kuat semangat kendati tidak hebat. Jumat semalam, sebelum masuk kelas, aku pun mendapat rahmat, sejenak singgah di ruangan Mas Dony Danardono ikut nguping mendengarkan alunan musik jazz dari komputer beliau. Beliau juga menawarkan kopi dan kue kering, meski aku menolaknya sebab sedang tidak berminat. Oh, Jumat keramat, dari kampus pun segera meluncur ke Ungaran untuk makan (sungguh-sungguh) malam (bila masih ada makanan hehehe); lalu rebah (tanpa mandi) dan beristirahat! Terima kasih berkenan membaca curhat ini. Tuhan memberkati!***

Gambar sampul: Suasana ruang kelas Magister Hukum Kesehatan Unika Soegijapranata Semarang. Sumber foto gambar sampul maupun ilustrasi: Dok pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3580940832466071?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.