Inspiration

Memori Belalang dan Syaraf Tulang Belakang

Berbicara tentang walang (belalang) goreng (lihat http://tz.ucweb.com/11_1InsZ) membuatku teringat akan peristiwa yang terjadi di masa kecilku. Kala itu, saya masih kelas tiga SD. Bersama teman-teman sebaya, kami berburu belalang. Teman-teman sebayaku yang menjadi saksi atas peristiwa itu masih hidup sampai hari ini. Ada Mas Ranto Bogel, Mas Seger, dan Mas Joko.

Mas Ranto dan saya. Pemilik hak cipta. Sumber foto: Dok pribadi

Yang kami buru adalah belalang kayu. Saat berburu belalang, kami anak-anak akan mengejarnya hingga bisa menangkapnya. Nah, gara-gara berburu belalang itulah, aku mendapatkan musibah.

Saat itu, kami mengejar seekor belalang kayu yang melompat dari pohon yang satu ke pohon yang lain. Salah satu pohon yang dihinggapi belalang yang kami kejar adalah pohon cemara yang tumbuh tinggi di depan SD Kanisius, Gambiranom, Baturetno.

Sebegitu semangatnya saya mengejar belalang itu, sayalah yang memanjat pohon cemara itu dengan penuh semangat. Hingga ketinggian sekitar enam meter, saya memegang salah satu dahan cemara itu. Ternyata, dahan itu lapuk. Karenanya, dahan itu tak mampu menahan tubuh saya. Akibatnya, saya pun jatuh terduduk di tanah. Seketika itu juga, saya tidak bisa berjalan dan berbicara. Saya menjadi lumpuh dan bisu selama beberapa hari.

Puji Tuhan, berkat pertolongan seorang kakek di kampung kami, lidahku yang kelu tersembuhkan. Saya bisa mulai berjalan dan berbicara lagi.

Hanya saja, terkait dengan peristiwa itu, syaraf tulang belakangku bermasalah. Gara-gara peristiwa jatuh terduduk akibat mengejar belalang itu, saya menanggung penderitaan penjepitan syaraf tulang belakang hingga saat ini. Gara-gara itulah, saya dipanggil “Budhenk”, singkatan dari “Budi dhengkek“, karena penyakit penjepitan syaraf tulang belakang.

Itulah memori tentang belalang yang terkait dengan masalah tulang belakang. Dan itu adalah pengalamanku sendiri. Namun, pengalaman itu tetap kusyukuri, apa pun yang terjadi.***

Gambar sampul: Mas Ranto Bogel dan saya. Sumber foto: Dok pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1787999564784049?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.