Inspiration

Menjaga Kelestarian Lingkungan dan Keutuhan Ciptaan

Pribadi Gunretno istimewa! Dia disebut orang Samin. Komunitasnya beranama Sedulur SIkep. Ia dan keluarganya hidup dalam komitmen menjaga kelestarian lingkungan hidup dan keutuhan alam ciptaan. Itulah yang kutangkap dari pengenalan dan perjumpaanku dengannya.

Perjumpaan dan pengenalanku dengan Gunretno terjadi pada suatu hari, ketika kami, para romo pastor Katolik dan dewan paroki se-Kevikepan Semarang mengadakan acara di aula Paroki Pati. Namanya kolasi, yakni pertemuan rutin para romo dan wakil umat Katolik untuk membahas tema-teman tertentu di bawah koordinasi Romo Vikep.

Selanjutnya sesudah itu, kami berjumpa dalam berbagai peristiwa, misalnya, dalam rangka Temu Kebatinan (Tebat) Katolik di Ambarawa; atau dalam kesempatan Tebat di Kudus. Bahkan, kemudian saya berkunjung ke rumahnya. Menyapa keluarganya, adiknya, yang juga berjuang untuk kelestarian lingkungan hidup dan keutuhan alam ciptaan, yakni Gunarti.

Gunretno asyik berceritya tentang perjuagannya menjaga kelestarian lingkungan hidup dan keutuhan ciptaan disaksikan Hartati, istrin tercintanya. Pemilik hak cipta. Dok pribadi.

Saya pun tidur di rumahnya di Sukolelo dalam rangka persiapan upacara teatrikal !7 Agustus pada tahun 2012 dan 2013. Kami pun kian dekat dalam bersahabat terutama dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan hidup dan keutuhan alam ciptaan. Apalagi, cita-cita tersebut juga menjadi cita-cita dalam Arah Dasar Keuskupan Agung Semarang (ARDAS), bahkan juga Rencana Induk KAS (RIKAS) 2016-2035.

Kami bergerak dalam suka dan duka menjaga kelestarian lingkungan hidup dan keutuhan ciptaan. Bersama dalam membela kaum tani yang menghadapi bahaya kehilangan lahan garapan. Berjalan kaki menuntut keadilan dan mengupayakan berbagai cara yang baik dan benar untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dan keutuhan ciptaan.

Sebagaimana tampak dalam foto yang kuambil secara spontan, dan menjadi gambar sampul dan ilustrasi artikel ini, Gunretno dan Hartati, istrinya, berjuang bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dan keutuhan ciptaan. Hartati begitu baik. selalu memberiku tape ketan buatannya sendiri, saat kami datang berkunjung ke rumahnya. Mereka adalah Seludur Sikep yang menginspirasiku pula dalam membangun peradaban kasih bagi masyarakat yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agamanya, terutama melalui gerakan menjaga kelestarian lingkungan hidup dan keutuhan ciptaan.***

Gambar sampul: Gunretno dan Hartati, istrinya. Sumber foto: Dok pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3130144573544458?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.