Inspiration

Persahabatan dalam Kerukunan dan Damai

Sentuhan lembut

di punggungku

membuatku menoleh ke arahnya

dan persahabatan

dalam kerukunan dan damai

tercipta…

Namanya Chinde Novitasati Khasanah. Dia adalah salah satu dari sekian banyak peserta yang hadir dalam Peringatan Sumpah Pemuda Lintas Agama yang diselenggarakan oleh Pelita (Persaudaraan Lintas Agam) Semarang. Pelita bersinergi dengan banyak pihak, antara lain PMII Gusdurian UIN Walisongo, PMII Al-Gozhali UNES, JKIG2CC, Hikmabudhi, dan Kom HAK KAS.

Saat peringatan Sumpah Pemuda Lintas Agama yang diselenggarakan di Gereja JKI Golden Gate Community Church di Graha Padma Semarang berlangsung, tiba-tiba dari belakang, seseorang menyentuhku dengan lembut dan berkata, “Selamat malam Romo…” Saat kumenoleh ke arahnya, ternyata dialah Chinde Novitasari Khasanah.

Kami bersalaman. Kami ber-selfie. Itulah yang menjadi gambar sampul dan ilustrasi tulisan ini. Hingga acara selesai, kami duduk bersebelahan menikmati kebersamaan peringatan Sumpah Pemuda dalam samangat lintas agama.

Selfie bersama Chinde Puspitasari Khasanah dalam acara Peringatan Sumpah Pemuda di Semarang (Kamis, 26/10/2017). Pemilik hak cipta. Sumber foto: Dok pribadi.

Pada saat acara usai, dia masih meminta lagi berfoto berdua. Kali ini dengan menggunakan ponselnya. Di minta tolong temannya untuk memotret kami.

Dalam semuanya itu, tergambar secara sederhana persahabatan alamiah dua insan yang berbeda dalam keberagaman. Hal-hal sederhana ini menjadi contoh​ ​nyata bahwa kita bisa bersahabat dengan siapa saja dalam sikap saling menghormati dan menghargai dalam keberagaman. Di situ pulalah sesungguhnya terpancar peradaban kasih dalam keberagaman yang rukun dan damai.****

Gambar sampul: Bersama Chinde Novitasari Khasanah dalam acara Peringatan Sumpah Pemuda Lintas Agama di Semarang. Sumber foto: Dok pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1184374958338256?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.