Inspiration

Mendialogkan Pahlawan Jaman Now

Pemilik hak cipta

Kupetik buah bhinneka

dari setiap jengkal upaya

merajut persahabatan

melalui perjumpaan

dengan berbagai komunitas

dalam keberagaman

tetap ika di asa

keutuhan bangsa

dan kemerdekaan sejati

yang dibela para pahlawan.

Bersama Gus Yusuf dari Ponpes Tegalrejo, Magelang, dan Es Wibowo, penyair Bukit Tidar, saya diminta menjadi narasumber berbagi pengalaman tentang pahlawan jaman now (Minggu 19/11/2017)! Acara yang digelar di demplot pertanian organik Pastoran Sanjaya Muntilan itu diprakarsai oleh Jamaah Kopdariah Magelang.

Pemilik hak cipta

Komunitas ini dibangun dalam kebhinnekaan. Terdiri dari sedikitnya empat belas unsur yang mendukung yakni Lesbumi, LTN NU, Banser, Magelang Turn Back, Komunitas #Save Pahingan, Pemuda Katolik Magelang, PK3 Kedu, Gusdurian, Badan Koordinasi Taman Pendidikan Alquran Magelang, Pencak Silat NU Pagar Nusa, Ansor, IKASUKA (Ikatan Alumni IAIN Sunan Kalijaga), Padepokan Gejog Lesung “Nglaras Ati” dan Komunitas Buddha.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lalu tarian dari Komunitas Tari dan Karawitan SMP Pendowo, dan tarian dari TK Siswa Siwi. 

Acara inti diawali dengan kolaborasi pembacaan puisi oleh Es Wibowo dan saya. Alunan Tamba Ati mengiringi Balada Gus Dur. 

Sampai tahap ini, acara dipandu oleh Danu yang kocak dan lucu dari NU. Sesudah itu Danu menyerahkan jalannya acara kepada Agung yang menjadi moderator dialog tematik pahlawan jaman now. Gus Yisuf dan saya diminta berbagi pandangan tentang tema tersebut.

Kami berdua tanpa janjian bicara tentang pahlawan dalam konteks keberagaman. Jaman kini dibutuhkan sosok pribadi yang bisa menjaga NKRI dalam keberagaman. Pancasila, Bhinneka Tunggal Ima, NKRI dan UUD 1945 harus dijaga oleh pahlawan-pahlawan jaman now untuk jaman next demi anak cucu kita.

Maka, kita harus bijaksana dan dewasa menggunakan produk iptek terutama medsos dan sosmed. Dunia itu harus menjadi sarana untuk membangun peradaban kasih bagi masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman apa pun agamanya.***

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/356557863212008?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.