Inspiration

Rekoleksi dan Aksi Pastoral Inovatif dan Inklusif

Para Romo Projo Unio Komisariat Semarang menyelenggarakan rekoleksi dan aksi pastoral yang inovatif dan inklusif. Rekoleksi dilaksanakan di Griya Angela Patrik Bandungan (Rabu, 21/11/2017). Sementara aksi dilaksanakan dalam kunjungan ke PT HAB (Rabu, 22/11/2017). Bagaimana prosesnya?

Pemilik hak cipta

Sebagaimana disampaikan oleh Romo Tanto Pr, tema rekoleksi yang ditawarkan adalah pastoral yang inovatif dan inklusif. Merenungkan tema tersebut, sebagaimana sudah kita rembug bersama dalam temu komisariat di pastoran Katedral sebelumnya, para romo dibantu dengan sharing dari Antonius Gunawan dari Rumah Kasih St. Fransiskus Assisi bersama dengan tim KKIT (Kerabat Kerja Ibu Teresa).

Tema ini selaras sekali dengan gerakan yang dicanangkan oleh Bapa Suci Fransiskus berikut pula ajakan dari Bapa Uskup juga untuk membangun kepedulian pada orang miskin yang ditandai dengan Hari Orang Miskin Sedunia pada tanggal 19 November 2017 yang lalu. Begitulah, pada malam pertama, para romo mendengarkan sharing dari kaum awam yang peduli pada gerakan berbagi sebagai wujud pastoral inovatif dan inklusif.

Pemilik hak cipta

Saya sendiri tidak bisa mengikuti acara hari pertama, berhubung ada kegiatan bersama Mas Yudhistira ANM Massardi. Karenanya, jauh hari, saya sudah menyampaikan kepada Romo Tanto Pr sebagai ketua Unio Komisariat Semarang. Menurutku, kegiatan bersama Mas Yudhis juga bagian nyata pembelajaran melalui praksis tentang wajah pastoral baru yang inovatif dan inklusif bersama para pelaku seni dan budaya melalui jalur puisi.

Saya sendiri baru mengikuti rekoleksi pada hari berikutnya, saat para romo berkunjung ke salah satu karya pastoral inovatif bersama Rm. Marcellinus Roselawanto di PT Hidroponik Agrofarm Bandungan (HAB). PT HAB bergerak dalam bidang agrofarm dalam rangka edukasi dan subsidi silang bagi pendidikan bersama SMK Theresiana Bandungan. Karenanya, kegiatannya tidak melulu profit oriented, melainkan dalam rangka kesejahteraan masyarakat melalui dunia pendidikan yang menghasilkan dan berfungsi untuk kesejahteraan bersama,

Kami semua diajak oleh Romo Marcel untuk menyaksikan, mendengarkan dan mengalami proses pertanian yang menggunakan teknik hidroponik modern. Mereka memiliki 7 green house dan menghasilkan produk-produk hidroponik berkualitas dan bermutu tinggi yang layak dikonsumsi masyarakat. Hasilnya juga untuk pengembangan pendidikan anak-anak yang tidak mampu agar bisa belajar secara formal. Para guru dan siswa pun terlibat dalam proses tersebut.

Pemilik hak cipta

Mereka menghasilkan fresh vegetables, vegetables mix lettuce salad, cherry tomatoes, beef tomatoes, dan paprika. Semua itu dikerjakan dengan model hidroponik dan bersifat organik sehingga meminimalisir penggunaan segala bentuk pestisida. Dengan begitu, mereka juga berusaha untuk menyejahterakan masyarakat melalui produk-produk yang sehat.

Dari kunjungan tersebut, saya menangkap satu pelajaran rohani. Hidup ini adalah benih yang ditaburkan dengan penuh cinta dan ketekunan. Maka, harus dirawat, dijaga, dan terus diperhatikan agar bermanfaat bagi kehidupan bersama. Dibutuhkan kedisiplinan untuk melakukannya. Dan lebih dari semuanya, kerjasama dengan semua pihak merupakan hal yang penting. Dengan demikian, kebaikan bisa terus dikembangkan, diwartakan, dan diharapkan bisa membuahkan kesejahteraan bagi siapa saja yang menikmatinya.

Terima kasih para romo atas kebersamaan kita. Mohon maaf baru bisa bergabung pada hari kedua, oleh sebab pada malam pertama saya harus melakukan pula sebentuk pastoral inovatif dan inklusif melalui srawung seni dan budaya dalam pagelaran pembacaan dan musikalisasi puisi bersama Mas Yudhistira ANM Massardi dan kawan-kawan lain di Surakarta. Tuhan memberkati dan meneguhkan panggilan dan perutusan kita di mana pun berada, dengan bentuk perutusan macam apa pun di antara kita, demi terwujudnya peradaban kasih bagi masyarakat yang sejahtera, bermartabat dan beriman, juga dalam rangka keberagaman yang inklusif. Proficiat untuk rekoleksi kita!***

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3991246959637524?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.