Inspiration

Keramahan Yang Mendatangkan Sukacita

Keramahan selalu mendatangkan sukacita dan kegembiraan. Itulah yang kurasakan saat menyambut kehadiran rombongan para Suster dari Ordo CM (Jumat, 01/12/2017). Keramahan dihadirkan oleh mereka yang datang, maupun saya yang menyambut mereka. Kami pun berbagi keramahan dalam semangat persaudaraan dalam keberagaman.

Para Suster dan Romo Norbert yang datang ke pastoran baruku, pastoran Johannes Maria Unika Soegijapranata hadir dalam keberagaman. Memang sebagian besar dari mereka datang dari daerah Indonesia Timur. Ada yang dari Maumere, dari Flores, dari Bajawa. Ada juga yang berasal dari Filipina. Saya sendiri orang desa dari Belikrejo, Gambiranom, Baturetno, Kabupaten Wonogiri yang berarti juga berasal dari Jawa Tengah. Namun kami menikmati keramahan dan kebersamaan yang mendatangkan sukacita dan kegembiraan.

Apalagi, mereka datang dengan membawa makanan untuk santap malam bersama. Mereka sudah mempersiapkan ikan bakar yang cukup besar. Untung saya masih menyimpan lauk-pauk yang pada siang harinya dibawa oleh keluarga Philip-Katrin (lihat artikel http://tz.ucweb.com/12_1ZFQd ini), sehingga bisa menambah menu makan malam bersama kami.

Sebelum santap malam bersama, para Suster CM itu berdoa dalam bahasa Inggris dalam bentuk nyanyian. Mereka bernyanyi sebelum makan. Secara spontan, saya pun mem-video mereka dan meminta sekali lagi mereka bernyanyi. Begitulah, dalam keramahan yang membawa sukacita, mereka menyanyikan sebuah lagu lagi, juga dalam bahasa Inggris sebagai ucapan selamat datang padaku di rumah yang baru. Video itu bisa disaksikan di link ini.

Orisinil

Kami pun menikmati santap malam bersama dalam keramahan yang menggembirakan. Sesudah makan selesai, mereka membersihkan dan membereskan segala sesuatunya. Ruang makan dan ruang tamu pastoran kami menjadi bersih kembali. Mereka pun menyampu, mengepel dan membersihkan ruang makan (yang belum ada meja dan kursinya hehehe) dan ruang tamu kami dalam keramahan dan kegembiraan.

Terima kasih para Suster dan Romo Norbert Labu atas keramahan kalian semua. Kehadiran kalian mendatangkan berkat untuk kehidupanku. Terima kasih atas keramahan yang boleh saling kita bagikan satu terhadap yang lain. Semoga keramahan ini juga mewarnai kehidupan siapa saja dalam semangat saling bersaudara dalam kebersamaan dan keberagaman. Tuhan memberkati.***

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4329033260206427?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.