Inspiration

Lima Perbedaan Pokok antara Kera dan Monyet

Dalam artikelku yang diterbitkan UC We-Media edisi Selasa (12/12/2017) berjudul Kera dan Monyet, Maafkanlah Aku!, saya menjanjikan untuk membuat tulisan tentang perbedaan antara kera dan monyet. Apa sesungguhnya perbedaan dan persamaan antara kera dan monyet? Sedikitnya, saya temukan lima perbedaan antara kera dan monyet. Apa saja? Inilah jawabannya.

Referensi pihak ketiga

Menurut sejumlah sumber yang saya baca dalam tempo sesingkat-singkatnya, sedikitnya ada lima perbedaan antara kera dan monyet. Pertama, yang paling membedakan secara fisik, ternyata, kera tidak memiliki ekor; sementara monyet itu berekor. Atau, monyet memiliki ekor panjang, sedangkan kera berekor pendek.

Kedua, dari sisi otak, kera memiliki otak yang lebih kompleks dibandingkan monyet. Monyet termasuk binatang yang pandai. Bisa dilatih untuk bermain sirkus atau seni “kethek ogleng“, lincah dan lucu.

Referensi pihak ketiga

Ketiga, dari segi penampilan secara fisik, kera terdiri dari dua kategori, yakni jenis kera besar dan jenis kera kecil. Yang termasuk jenis kera besar adalah gorila, simpanse, orangutan, dan siamang. Sedangkan yang masuk jenis kera kecil adalah owa atau gibbon. Monyet pada umumnya cenderung memiliki tubuh yang kecil.

Keempat, secara fisik pula, kera memiliki lapisan rambut berbagai warna. Ada yang berwarna cokelat, tan, hitam, abu-abu, atau kemerahan. Sedangkan monyet memiliki bulu yang sangat padat.

Pemilik hak cipta

Kelima, kera memiliki lengan panjang dan kaki pendek. Sementara monyet memiliki dua kaki dan dua tangan. Kera berjalan dengan kakiknya, sedangkan monyet berjalan baik dengan kaki maupun tangannya.

Itulah lima perbedaan antara kera dan monyet sejauh kubaca dan kupelajari dari berbagai sumber yang kutemukan. Semoga bermanfaat. Mungkin di antara Anda yang menemukan perbedaan lain, dengan senang hati, saya akan menerimanya sebagai bahan kajian lebih lanjut. (bersambung)

Sumber utama tulisan dari: petelagi.com dan detiknews, termasuk dua gambar pertama artikel ini. Sedangkan dua gambar lainnya yang salah satunya menjadi gambar sampul artikel ini merupakan hasil pemotretan di kebun dekat pastoran saya.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/744773987704411?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.