Inspiration

Renungan Malam: Kidung Doa

Saat hendak menulis renungan malam ini, tiba-tiba saya ingat sebuah kidung doa yang menurutku sangat bagus. Kidung itu dibuat dalam bentuk tembang macapat dalam bahasa Jawa, dengan nada Dandanggula. Pembuatnya adalah Kanjeng Sunan Kalijaga. Judulnya, “Ana Kidung Rumeksa Ing Wengi” (Kidung Doa Malam). Saya sendiri membawakan tembang itu dalam berbagai kesempatan, terutama pada saat ada acara Temu Kebatinan Katolik. Biasanya, saya pergunakan tembang tersebut untuk penghantar menuju doa malam. Seperti apakah kidung itu?

Referensi pihak ketiga, Nasionalisme.co

“Ana kidung rumekso ing wengi, teguh hayu luputa ing lara, luputa bilahi kabeh, jim setan datan purun, paneluhan tan ana wani, miwah panggawe ala, gunaning wong luput, geni atemahan tirta, maling adoh tan ana ngarah ing mami, guna duduk pan sirna.

Sakehing lara pan samya bali, sakeh ngama pan sami mirunda, welas asih pandulune, sakehing braja luput, kadi kapuk tibaning wesi, sakehing wisa tawa, sato galak tutut, kayu aeng lemah sangar, songing landhak guwaning, wong lemah miring, myang pakiponing merak.

Pagupakaning warak sakalir, nadyan arca myang segara asat, temahan rahayu kabe, apan sarira ayu, ingideran kang widadari, rineksa malaekat, lan sagung pra rasul, pinayungan ing Hyang Suksma, ati Adam utekku baginda Esis, pangucapku ya Musa,

Napasku nabi Ngisa linuwih, Nabi Yakup pamiryarsaningwang, Dawud suwaraku mangke, Nabi brahim nyawaku, Nabi Sleman kasekten mami, Nabi Yusuf rupeng wang, Edris ing rambutku, Baginda Ngali kuliting wang, Abubakar getih daging Ngumar singgih, Balung baginda ngusman.

Sumsumingsun Patimah linuwih, Siti aminah bayuning angga, Ayup ing ususku mangke, Nabi Nuh ing jejantung, Nabi Yunus ing otot mami, netraku ya Muhamad, pamuluku Rasul, pinayungan Adam Kawa, sampun pepak sakathahe para nabi, dadya sarira tunggal.”

Lima bait tembang Macapat Dandanggula itu bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih sebagai berikut.

Ada Kidung doa penjaga malam, yang menjadikan kuat selamat terbebas dari semua penyakit. Terbebas dari segala petaka. Jin dan setanpun tidak mau. Segala jenis sihir tidak mempan. Apalagi perbuatan jahat. Guna-guna tersingkir. Api menjadi air. Pencuripun menjauh dariku. 

Segala bahaya akan lenyap. Semua penyakit pulang ketempat asalnya. Semua hama menyingkir dengan pandangan kasih. Semua senjata tidak mengena. Bagaikan kapuk jatuh dibesi. Segenap racun menjadi tawar. Binatang buas menjadi jinak. Pohon ajaib, tanah angker, lubang landak, gua orang, tanah miring dan sarang merak.

Kandangnya semua badak. Meski batu dan laut mengering. Pada akhirnya semua slamat. Sebab badannya selamat dikelilingi oleh bidadari, yang dijaga oleh malaikat, dan semua rasul dalam lindungan Tuhan. Hatiku Adam dan otakku nabi Sis. Ucapanku adalah nabi Musa.

Nafasku Nabi Isa yang teramat mulia. Nabi Yakup pendengaranku. Nabi Daud menjadi suaraku. Nabi Ibrahim sebagai nyawaku. Nabi sulaiman menjadi kesaktianku. Nabi Yusuf menjadi rupaku. Nabi Idris menjadi rupaku. Ali sebagai kulitku. Abubakar darahku dan Umar dagingku. Sedangkan Usman sebagai tulangku.

Sumsumku adalah Fatimah yang amat mulia. Siti fatimah sebagai kekuatan badanku. Nanti nabi Ayub ada didalam ususku. Nabi Nuh di dalam jantungku. Nabi Yunus di dalam otakku. Mataku ialah Nabi Muhamad. Air mukaku rasul dalam lindungan Adam dan Hawa. Maka lengkaplah semua rasul, yang menjadi satu kesatuan.

Bagiku, tembang ini luar biasa kaya makna. Tembang ini bisa menjadi doa kita pula sehari-hari. Dan memang, begitulah tembang itu dimaksudkan oleh Kanjeng Sunan Kalijaga, yakni sebagai tembang tengah malam, sebagai Kidung Doa.

Semoga tembang yang sama tak hanya menjadi keindahan budaya, melainkan juga menjadi doa yang menguatkan kita dalam membangun peradaban kasih bagi masyarakat yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agama kita.

Selamat malam. Tuhan memberkati.***

Sumber gambar sampul dan ilustrasi: Nasionalisme.co. Sumber tembang dan terjemahannya dari indospiritual.com.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1748725018057598?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.