Inspiration

Renungan Pagi: Menyambut Fajar Hari Baru

Setiap pagi datang, kita menyambut fajar dan hari baru. Setiap hari baru menyimpan pengharapan baru dalam kehidupan kita. Maka, sudah selayaknyalah kita menyambut fajar dan hari baru dengan bahagia! Bagaimana kita menyambut fajar dan hari baru?

Referensi pihak ketiga

Konon, di saat kita bangun pagi dengan penuh semangat, maka, sepanjang hari, hidup kita pun akan dipenuhi dengan semangat yang sama. Hal senada bila kita menyambut pagi dengan bahagia dan gembira, maka sepanjang hari, kita pun akan mengalami kebahagiaan dan kegembiraan, bahkan bila dalam perjalanan mengarungi hari baru itu, ada hal-hal yang tak terduga yang terjadi di luar harapan kita.

Sebaliknya, bila kita bangun dengan rasa malas, maka sepanjang hari hidup kita akan ditandai kemalasan. Sepanjang hari rasanya tiada semangat dan lemas. Maka sepanjang hari kita akan menjadi sangat panjang dan tidak menentu. Bahkan, ketika ada banyak hal yang baik yang kita alami sepanjang hari itu, semua menjadi terasa hampa dan sia-sia.

Karena itu, janganlah menyambut fajar dan hari baru dengan malas. Sebaliknya, sambutlah fajar dan hari baru dengan semangat, bahagia dan gembira.

Saya pun jadi ingat ketika tinggal di asrama Seminari Menengah Mertoyudan Magelang pada tahun 1984-1988. Kami tidur sekamar 90-an orang. Pada hari-hari pertama dan diulang untuk seterusnya, setiap kali mendengar bel bangun pagi berdering, salah seorang di antara kami ada yang bertugas untuk berteriak dengan seruan, “Benedicamus Domino!” Lalu, semua yang lain harus menjawab, “Deo gratias!

Satu orang berseru, sembilan puluhan lainnya menyahut. Seruan penuh semangat, djawab pula dengan semangat. Seruan dan jawaban itu memberi semangat, kebahagiaan dan kegembiraan. Maka, hari-hari kami pun terasa singkat karena disambut dengan penuh semangat.

Selamat pagi. Selamat menyambut fajar dan hari baru. Tuhan memberkati!***

Sumber gambar yang juga menjadi gambar sampul: travel.detik.com

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2105474199007837?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.