Inspiration

Nuntius Yang Ramah dan Baik Hati

Interupsi hal kecil di antara peristiwa besar kualami pada hari Sabtu (16/12/2017). Peristiwa besarnya adalah pengalungan Pallium di pundak (bahu) Mgr. Robertus Rubiyatmoko, Uskup Agung Semarang, oleh Nuntius (Duta Besar Vatikan untuk Indonesia), Mgr. Piero Pioppo. Dalam peristiwa besar itu kualami hal kecil sebagai semacam interupsi namun bagiku sangat besar maknanya. Dalam peristiwa kecil itu, kualami sosok pribadi Nuntius Mgr, Piero Pioppo yang ramah dan baik hati. Bagaimana peristiwanya?

Pemilik hak cipta. Pemotret: Anggoro

Semula, saya sudah duduk di bangku umat di Gereja Katedral Semarang untuk mengikuti Perayaan Ekaristi bersama para frater dari Tahun Rohani Sanjaya Jangli dan beberapa suster Sang Timur. Dalam Perayaan Ekaristi itu akan dilaksanakan pengalungan Pallium oleh Nuntius Mgr. Piero Pioppo kepada Mgr. Robertus Rubiyatmoko. Namun, salah seorang panitia, namanya Pak Yusuf, mendekatiku dan berkata, “Romo, para imam dipersilahkan ikut dalam prosesi. Persiapannya di Ruang Petrus Katedral.” Aku pun taat, lalu berangkat ke Ruang Petrus.

Sesampai di Ruang Petrus, kulihat sejumlah imam sudah bersiap diri dengan mengenakan pakaian liturgi mereka. Bapak Uskup Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubiyatmoko pun sudah bersiap diri hendak mengenakan busana liturgi (stola dan kasula). Demikian pula dengan dua Uskup lain, yakni Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono (Surabaya) dan Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan (Malang). Tampak pula Romo Tarcisius Puryatno Pr (Administrator Diosesan Purwokerto) dan Uskup Emeritus Mgr. Blasius Pujaraharjo.

Sementara itu, Nuntius sedang berbicara dengan Romo Heri Pr yang pernah studi di Roma saat masih frater, dan sekarang bertugas di Katedral Semarang. Mereka tampak berbicara serius. Saat itulah, sesudah Romo Heri beranjak. Nuntius berbalik arah. Saya memandang wajah beliau yang ramah dan memberi kesan begitu baik hati.

Pemilik hak cipta. Pemotret: Anggoro

Tiba-tiba, Mgr. Sutikno tampak tersenyum padaku. Aku mendekati beliau dan otomatis juga mendekati Nuntius yang berdiri di dekat Mgr. Sutikno. Saat aku mendekat, aku menyalami Mgr. Pidyarto dan kucium tangannya. Demikian pula dengan Mgr. Sutikno dan Nuntius.

Saat itulah, Nuntius dengan ramah menyentuh rambutku dan berkata dalam bahasa Italia, “Rambutmu panjang. Kamu seperti Yesus. Kamu imam yang rambutmu seperti Yesus!” Beliau mengatakan hal itu sambil tersenyum dan menatapku dengan sangat ramah. Saya pun menjawab, “Ya, Yang Mulia. Terima kasih. Semoga dari rambut panjang ini, aku pun semakin mampu menghayati imamat dalam pribadi Kristus, Sang Kepala!” Nuntius pun tertawa.

Itulah perjumpaan pertama kalinya daku dengan Nuntius, Mgr. Piero Pioppo yang baru bertugas di Indoneisa menggantikan Mgr. Antonio Guido Filipazzi. Untuk pertama kalinya aku bersalaman dengan beliau dan mencium tangannya, serta mendengarkan komentarnya, aku mengalami kesejukan dalam hati dan jiwaku, sebagai imam-Nya. Kesejukan, keramahan dan kebaikan hati yang mengalir dari seorang Nuntius yang ramah dan baik hati.

Pemilik hak cipta. Pemotret: Anggoro.

Perjumpaan perdana itu membenarkan berita-berita yang selama ini kubaca, bahwa Nuntius yang baru adalah pribadi yang ramah dan murah senyum. Maka beliau dijuluki sebagai the smiling Nuntius. Ternyata, berita-berita itu seratus persen benar, sebab aku sendiri, sebagai pastor nggunung, sudah melihat dan mengalaminya sendiri dengan mata kepala dan seluruh hidupku. Aku tak hanya mengalami keramahan dan senyuman beliau, tetapi juga kebaikan hatinya.

Perjumpaan itu diabadikan oleh Mas Anggoro, salah satu tim publikasi dari Unika Soegijapranata, yang memotret adegan perjumpaan kami. Mas Anggoro mengirimkan foto-foto itu, yang menjadi ilustrasi dan gambar sampul untuk artikel ini. Terima kasih Mas Anggoro. Tuhan memberkati panjenengan.

Lebih dari segalanya, kuhaturkan rasa terima kasihku kepada Yang Mulia Nuntius Mgr. Piero Pioppo atas keramahan dan kebaikan hati yang boleh kualami dalam perjumpaan perdana itu. Grazie mille, Sua Eccellenza! Dio ti benedica, Sua Eccellenza!***

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/382718383458677?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.