Inspiration

Renungan Pagi: Memuji Tuhan Bersama Alam

Pada masa kecil dahulu, almarhuman ibu kami selalu mengajarkan tembang-tembang yang masih kuingat sampai hari ini. Salah satunya berjudul “Srengenge Nyunar“. Lagu itu dinyanyikan di pagi hari menyambut indahnya matahari yang terbit di ufuk timur. Lagunya berbahasa Jawa. Dengan lagu itu, kami diajak memuji Tuhan bersama alam. Seperti apa syair lagunya?

Referensi pihak ketiga

Inilah lagu “Srengenge Nyunar“. Srengenge nyunar kanthi mulya, anginne midid klawan rena, manuke ngoceh ana ing wit-witan. Kewane nyenggut ana ing pasuketan kabeh padha muji Allah kang mulya. Kabeh padha muji Allah kang mulya.

Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, syair lagu itu menjadi seperti ini. Matahari bersinar terang, angin semilir dengan gembira, burung pun berkicaulah di pepohonan. Hewan-hewan menikmati rerumputan. Semua memuji Allah yang Maha Mulia. Semua memuji Allah yang Maha Mulia.

Lagu itu bisa dinyanyikan di pagi hari sebagai senandung doa pagi kita. Kita bernyanyi dengan gembira dan memujia muliakan Allah yang Maha Mulia. Hati kita pun dipenuhi dengan sukacita, bersama seluruh alam semesta.

Sederhan, indah, alamiah, dan penuh berkah. Hingga hari ini, meski lagu itu diajarkan sejak kami masih kanak-kanak, kami masih tetap mengingat dan hafal dengan lagu serta nada-nadanya. Itu juga menjadi bagian dari doa bersama alam semesta.

Melalui tembang sederhana itu, kami pun diajari untuk selalu berdoa dengan gembira menyambut pagi, sebagai hari baru yang menyimpan segala pengharapan akan kebaikan. Ayo jangan kalah dengan alam semesta yang memuji dan memuliakan Tuhan Yang Maha Esa! Kalau matahari, angin, burung-burung, dan segala satwa saja bisa memuji dan memuliakan Allah Sang Pencipta, mengapa manusia justru hendak melupakan, apalagi menghapus keberadaan-Nya?

Selamat pagi. Selamat menikmati matahari bersama angin, burung, dan segala satwa dalam memuji Tuhan!***

Sumber gambar sampul dan ilustrasi: dewipuspasari.net

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3153632445216134?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.