Inspiration

Buah-Buah Kerjasama dan Doa

Dalam satu pekan ini, saya memetik dan buah-buah kerjasama dan doa dalam rangka Pekan Doa Sedunia untuk Memajukan Persatuan Umat Kristiani. Bagiku, itu semua merupakan buah-buah dari ketekunan dan kesetian untuk terus mewartakan kebaikan, kerukunan dan persaudaraan. Seperti apakah buah-buah kerjasama dan doa itu?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Pertama, keterlibatan para pelayanan, yakni para Ibu-Bapak Pendeta dan para Romo Pastor Katolik mengalami peningkatan yang menggembirakan, terutama jumlah para Romo Pastor Katolik. Ini sungguh menggembirakan. Dalam sembilan tahun terakhir, sejak kerjasama dan doa dalam rangka Pekan Doa Sedunia kami selenggarakan, baru kali ini, saya mengalami keterlibatan para Romo Pastor Katolik dalam jumlah yang menggembirakan.

Saya ambil contoh. Saat kami mengadakan Ibadat Ekumene Pembukaan Pekan Doa Sedunia di Gereja St. Athanasius Karangpanas Semarang (18/1/2018). Sebanyak sebelas imam/Romo Pastor Katolik turut serta di dalamnya. Beliau-beliau adalah Rm. AG Luhur Prihadi Pr (Vikep Semarang), Rm. Ig. Suharyono Pr, Rm. Heri Pr. Rm. Graha Pr, Rm. Martoyoto Pr, Rm., Noven Pr, Rm. E Didik C SJ, Rm. Tirta MSF, Rm. Irawan Pr, Rm. Hantoro Pr, dan saya sendiri (Aloys Budi Purnomo Pr).

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Hal yang sama terjadi di Kevikepan Kedu, yang diselenggarakan di Gereja St. Rafael Kalinegoro, Pancaarga, Magelang (23/1/2018). Sebanyak delapan imam/Romo Pastor Katolik turut serta dalam Ibadat Ekumene Pekan Doa Sedunia. Beliau-beliau itu adalah Rm. FX Krisno Handoyo Pr (Vikep Kedu), Rm. Saryanto Pr, Rm. A. Dwi Ariyanto Pr, Rm. A. Suryo Nugroho Pr, Rm. H Budi Purwantoro Pr, Rm. Koko Pr, Rm. Tri Nugroho Pr, dan saya.

Di Yogyakarta pun terjadi hal yang istimewa (24/1/2018). Ibadat Ekumene Pekan Doa Sedunia yang dilaksanakan di Gereja St. Fransiskus Xaverius Kidul Loji itu diikut oleh sepuluh imam/Romo Pastor Katolik. Beliau-beliau adalah Rm. Fl. Harto Subono Pr (Vikep Yogya), Romo, G. Notobudya Pr, Rm. Mantoro Pr, Rm. St. Heruyanto Pr, Rm. Maryono Pr, Rm. Ratma Pr, Rm. Agus Purwadi Pr, Rm. Nano MSF, Rm. Danang B SJ, dan saya.

Sementara itu, dalam rangka Ibadat Ekumene Penutupan Pekan Doa Sedunia yang akan dilaksanakan di Bongsari pada tanggal 25 Januari 2018, jumlah para romo dari Gereja Katolik yang sudah mendaftarkan diri untuk ikut ada delapan orang yakni Rm. AG Luhur Prihadi Pr (Vikep Semarang), Rm. E Didik C SJ, Rm. Smith SJ, Rm. Sarwanto SJ, Rm. Harda SJ, Rm. Peter SJ, Rm. Tirta MSF, dan saya.

Itu buah-buah kerjasama dan doa, dari sembilan tahun terakhir ini dari sisi kehadiran para imam/Romo Pastor Katolik, yang turut serta dalam Ibadat Ekumene bersama para Ibu Bapak Pendeta dari Gereja-Gereja Kristen, apa pun denominasinya. Selama ini, para Ibu dan Bapak Pendeta yang ikut dalam Ibadat Ekumene Pekan Doa Sedunia selalu banyak. Banyak pernah mencapai jumlah sebanyak 40 orang.

Kedua, hal kedua yang ingin saya syukuri adalah peningkatan jumlah penyelenggara Ibadat Ekuemene Pekan Doa Sedunia tahun 2018. Terjadi pula peningkatan terkait dengan itu. Secara khusus, lonjakan peningkatan terjadi pada saat Ibadat Penutupan. Ada empat Gereja yang menyelenggarakan, yakni, Gereja Bongsari Semarang, Gereja Wedi, Gereja Ungaran dan Gereja Gubug.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Karena itu pada kesempatan ini, ijinkan daku sebagai imam yang mempersiapkan, menawarkan, dan melayani hal ini di Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang, menghaturkan sangat banyak terima kasih atas kerjasama yang baik dalam rangka Pekan Doa Sedunia 2018. Semoga di tahun mendatang, hal ini bisa semakin baik lagi, dan semakin banyak imam, pendeta, umat-jemaat, serta tempat yang terlibat dan menyelenggarakan Ibadat Ekumene dalam rangka Pekan Doa Sedunia ini. Waktunya selalu sama dan tetap, sejak tahun 1908 tidak berubah, yakni tanggal 18-25 Januari. Karena waktunya sudah pasti, maka tinggallah siapa saja yang ingin terlibat di dalamnya mencatat dan mengagendakannya sejak sekarang.

Terima kasih Tuhan. Syukur kepada Allah. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Inilah buah-buah kerjasama dan doa. Ketekunan dan kesetiaan untuk terus melakukan hal-hal yang baik, pasti menghasilkan buah-buah yang baik dan menggembirakan pula!***

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2676144718597341?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.