Inspiration

Kegembiraan Senantiasa Baru dan Dibagikan – Kutipan Tiga Kalimat Bijak Paus Fransiskus

Mengawali tugas dan pelayananku pagi ini (Rabu. 7/2/2018), di kampus, aku membaca lagi (sudah untuk kesekian kalinya aku membacanya) “Anjuran Apostolik Evangelii Gaudium” yang ditulis Paus Fransiskus (24 November 2013). Ada kalimat-kalimat bijak yang menurutku layak kukutip dan kubagikan di ruang ini. Seperti apakah kalimat-kalimat bijak Paus Fransiskus itu?

Referensi pihak ketiga

Pertama, “Bahaya besar yang dihadapi dunia dewasa ini, yang ditandai terutama oleh konsumerisme, adalah kekeringan dan kegelisahan yang tumbuh dari rasa puas diri yang datang dari ketamakan hati, pencarian tanpa henti akan kesenangan yang dangkal, dan kesadaran yang tumpul.”

Kedua, “Bilamana kehidupan batiniah kita dikuasai oleh kepentingan dan keberpuasan pada diri sendiri, akan tiada ruang bagi sesama, bahkan apalagi tempat bagi kaum miskin. Suara Allah tidak lagi didengar, kegembiraan yang menenangkan dari kasih-Nya tidak lagi dirasakan, dan hasrat untuk melakukan yang baik menghilang. Hal inilah yang menjadi bahaya nyata juga bagi kaum beriman.”

Referensi pihak ketiga

Ketiga, “Banyak orang dikuasai oleh hal itu, dan berujung pada ketersinggungan, kemarahan, dan kelesuan. Hal itu bukanlah suatu kehidupan yang bermartabat dan mencapai kepenuhannya; bukan pula kehendak Allah bagi kita, bukan pula kehidupan di dalam Roh Kudus.”

Kalimat-kalimat bijak Paus Fransiskus itu dapat kita baca dalam “Anjuran Apostolik Evangelii Gaudium” artikel 2. Sejak lima tahun lalu membaca kalimat-kalimat bijak Paus Fransiskus itu, aku tidak pernah merasa bosan. Kalimat-kalimat bijaknya selalu menarik untuk kubaca, kurenungkan, dan kucoba praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi pihak ketiga

Semoga kalimat-kalimat bijak Paus Fransiskus itu bermanfaat bagi Anda pula. Jika tidak bermanfaat bagi Anda juga tidak apa-apa. Terima kasih berkenan membaca kutipan itu. Tuhan memberkati.***

Sumber: Paus Fransiskus, Evangelii Gaudium (Vatikan: 24 November 2013).

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2611268885116493?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.