Inspiration

Doa, Puasa dan Sedekah

Apa pun agama kita, kita mengenal tiga hal penting. Ketiganya adalah berdoa, berpuasa dan bersedekah. Apa maknanya?

Referensi pihak ketiga

 Kita pahami bahwa berdoa, berpuasa dan bersedekah itu bagian dari hidup sosio-spiritual kita. Ketiganya memiliki hubungan yang erat satu terhadap yang lain. Ketiganya merupakan pilar kehidupan sosio-spiritual kita.

Setiap upaya untuk membangun kehidupan sosio-spiritual yang mengabaikan pilar doa, puasa dan sedekah laksana orang membangun rumah di atas pasir. Pasti dengan mudah akan roboh diterpa hujan dan badai.

Referensi pihak ketiga

Bagiku dan dalam pengalamanku, berdoa itu merupakan penyerahan kepada Allah Yang Maha Kuasa, Pengasih dan Penyayang. Doa-doa kita menyucikan niat kita dan menghubungkan semua yang kita lakukan dengan Tuhan Yang Maha Esa. Berdoa merupakan cara kita me.bangun relasi dan ruang penuh kasih dengan Sang Pencipta.

Doa menjadi kuat saat disertai dengan puasa. Semua agama dan tradisi rohani maupun budaya mengajarkan pentingnya doa dan berdoa. Itulah bagian utama dari yang baik, benat dan suci dalam semua agama dan budaya. Dengan berdoa, kita melepaskan diri kita dari kenyamanan dan diri kita sendiri dengan segala egoisme dan kea(ng)kuan kita.

Akhirnya sedekah atau amal. Kerelaan Bersedekah mencerminkan persaudaraan kita dengan keluarga miskin, keluarga yang berkekurangan. Bersedekah mengingatkan kita bahwa kekayaan sejati kita bukanlah hal-hal duniawi, melainkan karena kasih Allah.

Kita semua perlu menyadari, merefleksikan, dan mengakui pentingnya ketiga hal itu: doa, puasa dan sedekah. Untuk membangun kehidupan sosio-spiritual kita perlulah kita memastikan bahwa kita berkomitmen untuk berdoa, berpuasa, dan bersedekah sebagai bagian dari pengungkapan dan perwujudan iman kita, apa pun agama dan keyakinan serta budaya kita.

Semoga refleksi singkat tentang doa, puasa dan sedekah ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih. Tuhan memberkati.***

Sumber: refleksi pengalaman pribadi berdasarkan ePriest.com dan Carmelite.net.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3471644615791190?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.