Inspiration

Kunjungan Paseduluran Umat Peduli Imam Projo

Nama paguyuban ini adalah Paseduluran Umat Peduli Imam Projo. Singkatannya PUPIP. Perintisnya, sejauh saya tahu adalah Romo Yakobus Sudamardi Pr. Seperti apakah PUPIP?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Saya mengenal intensif PUPIP ketika saya bertugas di Ungaran. Kiprah mereka lambat laun menjadi semakin baik dalam rangka membangun kepedulian kepada para Imam Diosesan atau sering disebut Romo Projo. Titik berangkatnya adalah kepedulian. Lalu mereka membangun paseduluran (persaudaraan) di antara mereka.

Tentu saja, yang utama dari perhatian mereka adalah kepedulian kepada imam projo. Bentuk kepedulian diungkapkan melalui doa, perhatian, dan sapaan kunjungan. Mereka juga membangun kepedulian kepada keluarga para imam projo, terutama untuk orangtua yang masih hidup. Mereka menyapa dan mengunjungi orang tua beberapa imam projo yang mereka kenal.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Mereka juga berdoa untuk para imam projo yang meninggal dunia. Demikian pula, mereka berdoa untuk keluarga para imam projo yang berpulang. Semua itu dilakukan dalam semangat peduli.

Nah, saya pun mengalami kunjungan mereka sesudah sejak tanggal 28 November 2017 yang lalu saya pindah dari Ungaran ke Semarang. Sebagian besar dari mereka juga turut mengantar saya ketika saya berpindah tugas dengan berjalan kaki dari Ungaran menuju Semarang. Sekian tahun yang lalu, mereka jugalah yang bersama dengan segenap Pengurus Dewan Paroki Ungaran menyambut saya ketika saya datang dari Semarang berpindah ke Ungaran, juga dengan berjalan kaki.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Kunjungan mereka berlansung penuh dengan kegembiraan. Perhatian mereka diungkapkan dengan memberikan ucapan dan doa di saat saya berulang tahun. Mereka datang dalam kebersamaan. Keceriaan dan kegembiraan terpancar dalam wajah mereka.

PUPIP tidak hanya beranggotakan orang dewasa, perempuan maupun lelaki. Ada pula anggota dari anak-anak dan remaja, sebagai bentuk kaderisasi. Mereka sendiri memiliki aktivitas rutin, berkumpul sebulan sekali untuk sharing pengalaman dan berdoa bagi para imam, terutama para imam projo.

Referensi pihak ketiga

Terima kasih PUPIP atas kunjungannya. Semoga PUPIP terus berkembang menjadi paguyuban yang menghadirkan peradaban kasih bagi umat dan terus mempersembahkan doa-doa bagi dan bersama para imam dalam rangka pelayanan. Terima kasih. Berkah Dalem.***

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/215059213029362?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.