Inspiration

Bertekun Menyiarkan Berita Baik

Dalam acara Harmoni Indonesia, Budaya Rakyat dan Doa untuk Negeri, ditampilkan pertunjukan wayang kulit. Yang menjadi dalang adalah Ki Dr. Purwadi M.Hum. Lakon yang diceritakan adalah Rukmo Hisworo. Apa itu dan apa maknanya?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Sebagaimana diterangkan oleh Ki Dalang, lakon Rukmo Hisworo mengandung pendidikan akhlakul karimah atau pembinaan budi pekerti luhur. Rukmo berarti emas. Emas melambangkan keindahan, kebajikan dan kemuliaan. Hisworo berarti berita, ajaran, atau nasihat.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Karenanya, Rukmo Hisworeo memiliki makna syiar tentang kebaikan. Ki Dalang mengajak masyarakat untuk bersama-sama bertekun menyiarkan berita baik dalam kehidupan bersama. Bertekun menyiarkan berita baik merupakan perjuangan terus-menerus dalam kehidupan setiap orang baik secara pribadi maupun bersama-sama.

Ada ungkapan dalam bahasa Jawa: Sing sapa tekun bakal antuk teken, wekasan bisa tekan. Barangsiapa hidup dalam ketekunan akan mendapatkan peneguhan, tuntunan dan kekuatan, sehingga pada akhirnya akan menggapai kemuliaan dan kebahagiaan hidup.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Maka, kehidupan harus selalu dijalani dengan segala ketekunan, kesabaran, kejujuran, dan keikhlasan. Bertekun menyiarkan berita baik merupakan panggilan setiap orang di mana pun berada, apa pun agama dan kepercayaannya.

Dalam kehidupan bersama yang kerap ditandai oleh ujaran kebencian, berita bohong, hoax, dan fitnah, kita kian dipanggil untuk bertekun menyiarkan berita baik dalam kehidupan kita bersama. Semoga kita diberi rahmat untuk mampu melakukannya dengan setia, kendati segala kelemahan kita. Terima kasih. Tuhan memberkati.***

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan panduan acara Harmoni Indonesia.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2095657723886986?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.