Inspiration

Makna Padang Gurung Kehidupan Kita

Dengan dipimpin oleh Roh, Ia masuk ke padang gurun. Apa maknanya saat ini bagi kita?

Referensi pihak ketiga

Pertama, saya mengalami, beberapa kali ke padang gurun Qumran, di kawasan Timur Tengah. Tepatnya di sekitar Laut Mati. Saya mengalami, padang gurun itu merupakan lahan yang panas, penuh pasir dan debu serta batu-batu. Siang hari tersengat panas. Malam hari terpagut dingin. Siang malam tersapu angin.

Kedua, menurutku, secara rohani padang gurun bisa berarti situasi kering, gersang, kesepian, dan keadaan yang berat. Secara rohani, padang gurun bisa berarti keadaan kita yang tidak bersemangat, lesu, dan kerontang dalam relasi dengan Tuhan.

Ketiga, Ia dipimpin Roh ke padang gurun. Ia pertama-tama adalah soso Yesus (karena teks yang saya refleksikan adalah dari Markus 1:12-15. Ia memasuki padang gurun kehidupan kita untuk turut merasakan saat-saat kehidupan kita yang kering, kerontang, gersang, kesepian, dicekam kecemasan, dan bahkan ketakutan oleh sebab bahaya-bahaya yang mengancang kita.

Namun, keempat, ia bisa juga berarti kita. Kita pun diharapkan siap sedia memasuki saat-saat padang gurun, ketika kita mengalami berbagai macam keadaan yang tidak menyenangkan, yang tidak mengenakkan, yang membuat kita meras kering, gersang dan kerontang secara rohani maupun jasmani.

Dalam keadaan seperti itu, kita tidak perlu merasa cemas, takut, tercekam dan gelisah. Mengapa? Sebab Roh kebaikan, kesucian, keselamatan, dan kedamaian ada bersama kita. Biarlah Roh itu membimbing dan memimpin kehidupan kita.

Dengan demikian, padang gurung kehidupan kita akan mendewasakan kita, baik secara manusiawi maupun secara rohani. Bahkan padang gurun kehidupan itu akan kian memurnikan kehidupan iman kita, apa pun agama dan keyakinan kita. Kita tidak pernah sendirian melewati padang gurun kehidupan itu.

Demikian, semoga bermanfaat. Mohon maaf. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua di mana pun berada.***

Sumber: refleksi pengalaman pribadi berdasarkan Markus 1:12-15. Foto dari www.catholicbrigde.com

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1323177929329649?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.