Inspiration

Menjadi Pemimpin yang Melayani

Sangat inspiratif membaca dan merenungkan surat yang ditulis oleh Santo Petrus sebagaimana termuat dalam Suratnya yang pertama 5:1-4. Dalam surat itu, Santo Petrus mengingatkan agar para pemimpin mengembangkan sikap melayani. 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Ada empat hal yang perlu dihayati untuk menjadi pemimpin yang melayani. Pertama, para pemimpin harus menjaga dan melindungi siapa saja dengan semangat melayani. 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Kedua, pelayanan harus dilakukan bukan dengan keterpaksaan, tetapi dengan sukarela. 

Ketiga, para pemimpin tidak boleh mencari keuntungan untuk diri sendiri. Alih-alih mencari keuntungan, para pemimpin harus mengembangkan pengabdian diri. 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Akhirnya, para pemimpin harus memberi teladan yang baik. Keteladanan akan pelayanan, kasih dan pengabdian merupakan hal penting yang harus dihayati para pemimpin.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Itulah empat hal pokok yang bisa dikembangkan dalam rangka menjadi pemimpin yang melayani. Kiranya, kepemimpinan seperti itu bisa dihayati oleh para pemimpin sosial-politik kemasyarakatan pula. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati.***

Solo, 21/2/2018.

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan Surat Petrus yang Pertama 5:1-4

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4006518547915652?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.