Inspiration

Tanggalkanlah Wajah Muram, Janganlah Biarkan Api Pengharapan Padam

Sahabat peradaban kasih UC We-Media yang terkasih, setiap orang bisa terperangkap dalam godaan pesimisme. Dalam godaan ini kita menyerah kalah. Wajah kita pun menjadi muram. Kita harus bagaimana pada saat mengalaminya? Inilah usulan saya, semoga menginspirasi Anda.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Pertama, mari kita sadari bahwa inilah salah satu tantangan kita di zaman now saat semua bergerak serba cepat dan dahsyat. Kita berhadapan dengan bahaya individualisme. Hidup menjadi sangat individual. Egoisme merebak. Kejahatan menyeruak merobek wajah kemanusiaan kita. Akibatnya, kita terperangkap menjadi orang-orang yang pesimis. Pesimisme ditandai dengan sikap-sikap negatif seperti mengeluh, mengesah, bahkan memberontak dan mudah berkata-kata buruk akibat rasa kecewa. Wajah kita pun menjadi muram. Tanggalkan wajah muram, jangan biarkan api pengharapan padam!

Kedua, alih-alih berwajah muram, mari kita bangun pengharapan baru yang laksana api yang tak pernah padam. Mengapa harus berwajah muram sementara sukacita dan kegembiraan selalu ditawarkan kepada kita? Karenanya, tanggalkan wajah muram itu. Janganlah biarkan api pengharapan padam di tengah kehidupan yang kelabu. Marilah kita bangkit dan maju dalam rasa syukur atas segala bentuk kemajuan zaman, tanpa harus mati terhanyut dalam pusarannya. Kita boleh percaya, bahwa individualisme, egoisme, kejahatan dan kelemahan tidak akan memudarkan pengharapan kita dalam membangun komitmen mewujudkan kebaikan di tengah kehidupan bersama.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Ketiga, alih-alih dirundung nestapa berwajah muram durja, mari kita syukuri kehidupan ini dengan segala bentuk kemajuan teknik berkomunikasi yang disediakan bagi kita. Dalam permenungan saya, segala bentuk kemajuan zaman dan teknologi itu justru menghadirkan jejaring, sarana prasarana dan kesempatan membangun komunikasi yang semakin luas. Jejaring, sarana-prasarana dan kesempatan itu bahkan menjadi sebuah langkah baru untuk membangun perjumpaan dan persaudaraan dalam perspektif yang baru pula. Bahkan, dari sana akan lahirlah komunitas yang ditandai solidaritas bagi semua tanpa batas.

Keempat, mari kita tanggalkan wajah muram, jangan biarkan api pengharapan padam dengan cara berani keluar dari egoisme diri sendiri. Dalam hal ini, saya sangat terkesan dengan kalimat-kalimat Bapa Suci Fransiskus dalam Evangelii Gaudium. Beliau menulis, “Keluar dari diri kita sendiri dan bergabung dengan orang lain adalah sesuatu yang menyehatkan. Sebaliknya, menutup diri hanya akan membuat kita mencicipi racun imanensi. Manusia akan menjadi lebih buruk atas pilihan-pilihan yang egoistik.” (EG 87).

Dalam foto ini tampak perjumpaan saya dengan KH A. Mustofa Bisri (akrab dipanggil Gus Mus), dalam sebuah acara kebangsaan di auditorium RRI Semarang pada Agustus 2015. Foto beredar luas di medsos sesudah diunggah oleh Penyair Timur Sinar Suprabana di akun facebooknya. Saya pun merespon dengan puisi yang kemudian diulas di www.merdeka.com. Foto itu saya crop untuk suatu presentasi tentang kasih persaudaraan dalam perjumpaan. Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Akhirnya, mari kita tanggalkan wajah muram kita, jangan biarkan api pengharapan kita padam dengan membangun komunikasi dan perjumpaan. Komunikasi dan perjumpaan akan membuahkan kasih persaudaraan. Kasih persaudaraan akan memampukan kita menemukan keagungan kesucian dan keluhuran sesama kita. Di sanalah kita akan dimampukan untuk saling meneguhkan, saling menguatkan, saling menolong dan saling memanusia(wi)kan satu terhadap yang lain.

Demikian, semoga bermanfaat. Salam inspirasi dalam peradaban kasih bagi masyarakat yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agama kita. Tuhan memberkati.***

Kampus Ungu Semarang, 26/2/2018

Sumber: tulisan ini merupakan opini dan refleksi pribadi, terinspirasi oleh Anjuran Apostolik Bapa Suci Fransiskus dalam Evangeliii Gaudium (Vatikan: 2013).

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3756105641019605?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.