Inspiration

Tujuh Ungkapan Sederhana Mengasihi Diri Sendiri, Berani Mencoba?

Sahabat peradaban kasih UC We-Media yang terkasih, artikel yang terbit di laman tz.ucweb.com/2_4SWzI (27/2/2018) merupakan semacam pengantar umum untuk mengasihi diri sendiri. Berikut ini tujuh tips dan trik sederhana untuk mengasihi diri kita sendiri agar kita pun mampu mengasihi sesama kita, bahkan Tuhan. Berani mencoba?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Pertama, bila merasa lelah, beristirahatlah. Tubuh kita bukan robot. Jiwa kita bukan mesin. Ada rasa lelah dan capek, bahkan secara fisik maupun mental. Beristirahatlah! Ada dua jenis istirahat. Pertama, istirahat secara fisik. Berhenti dari segala aktivitas. Nikmatilah alam. Dengarkanlah musik. Bacalah buku-buku ringan yang menghibur. Kedua, istirahat secara psikis. Buang semua pikiran negatif. Pikirkan yang positif. Energi Anda akan dipulihkan kembali.

Kedua, untuk asupan fisik yang sehat, makanlah secukupnya. Tidur juga secukupnya. Minum boleh sesering mungkin asal tidak sampai kembung perut kita. Ingat sebagian besar dari tubuh kita adalah air. Jangan sampai mengalami dehidrasi. Kita membutuhkan banyak air yang sehat dan segar.

Ketiga, mintalah maaf kepada bagian-bagian tubuh Anda yang terasa sakit! Kalau Anda merasa sakit, periksalah ke dokter. Jangan biarkan sakit-penyakit Anda berkepanjangan. Jangan takut untuk beristirahat dalam rangka memulihkan diri dari rasa lemas akibat rasa sakit yang Anda alami.

Keempat, berolahragalah secukupnya dan sewajarnya. Menggerakkan anggota badan dengan senam sesederhana apa pun itu penting. Buat peregangan otot sendi-sendi anggota tubuh Anda.Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Kelima, pilihlah hobi yang sehat. Misalnya, bermain musik, menyanyi, membaca, menonton televisi secukupnya, menonton film dan sejenisnya. Yang penting melakukan hal-hal yang positif untuk menyalurkan hobi yang sehati.

Keenam, bila Anda hidup berkeluarga, kasihilah dirimu bersama seluruh anggota keluargamu. Bergembiralah bersama mereka dalam kasih. Keluarga adalah tempat paling nyaman dan merdeka untuk mengasihi diri sendiri dalam kebersamaan dengan mereka.

Terakhir, buat relaksassi rohani! Masuklah dalam keheningan yang damai. Pejamkan mata, pandang dirimu dengan cinta. Serahkan hidupmu kepada Dia yang mengasihimu. Biarlah daya kasih dan kerahiman-Nya membersihkan, menyegarkan, dan membarui hidupmu! Itulah kesempurnaan mengasihi diri sendiri di dalam Tuhan Yang Maha Kasih, sehingga dengan demikian, kita pun mampu pula mengasihi-Nya dengan segenap pikiran, tenaga, hati dan jiwa kita!

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati.***

Johar Wurlirang, 28/2/2018.

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi dari buku The Inner Voice of Love. A Journey Through Anguish to Freedom, Henri J.M. Nouwen (New York: Doubleday, 1996).

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/216002706256794?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.