Inspiration

Kegembiraan Dalam Kuliah Umum Di UKSW Salatiga

Sahabat Peradaban Kasih UC We-Media yang terkasih, pada hari Sabtu (10/3/2018), bersama Dr.Phil Sahiron Syamsudin dan MA, Dr. Pdt. Tony Tampake, saya memberikan Kuliah Umum di Universitas Kristen Satyawacana Salatiga atau dikenal UKSW. Saya sangat bergembira dipercaya untuk ikut menjadi narasumber dalam kuliah umum tersebut. Mengapa?Bersama Dr. Sahiron Syamsudin dan Dr. Pdt Tony Tampake (berkaca mata). Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Pertama, saya mendapat tambahan sahabat baru dalam rangka membangun peradaban kasih dalam keberagaman. Saya bangga dan bersyukur boleh duduk bersama para narasumber hebat. Dr. Sahiron berbicara dari perspektif agama Islam. Dr. Pendeta Tony berbicara dari perspektif Kristen Protestan. Saya berbicara dari perspektif Katolik. Semua pembicaraan bertema “Kepemimpinan Yang Memberdayakan Masyarakat”. Dengan boleh duduk bersama mereka, saya juga belajar dan memperoleh tambahan ilmu pengetahuan dari bahan-bahan yang mereka sampaikan.

Bersama Pdt. Sedyoko dan rekan-rekan dosen UKSW – Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Kedua, secara khusus, saya bergembira dan bahagia berjumpa dengan Dr. Sahiron Syamsudin secara langsung dan duduk bersama beliau. Beliau adalah salah satu saksi ahli dalam kasus yang dihadapi Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Beliau dengan segala pengalamannya dan keilmuannya sebagai seorang Muslim, menjadi saksi ahli dan membela Ahok dalam persidangan kala itu. Saat ini beliau adalah dosesn di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam perjumpaan itu, Pak Sahiron memberiku buku yang ditulisnya yang berjudul Hermeneutika dan Pengembangan Ulumul Qur’an. Dengan gembira saya menerima buku tersebut dan tentu, dengan penuh syukur dan akan membacanya.

Sebagian peserta Kuliah Umum – Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Ketiga, kegembiraan kualami dalam perjumpaan pula dengan para mahasiswa UKSW yang menjadi peserta Kuliah Umum tersebut. Sedikitnya, sebanyak 804 mahasiswi-mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pendidikan Agama MU113 pada semester Genap 2017/2018 diwajibkan mengikuti kegiatan ini sebagai peserta. Mereka tampak begitu antusias menerima dan mendengarkan kami saat kami menyampaikan materi yang kami persiapkan. Itu tampak dari keheningan mereka, sorot mata mereka yang penuh perhatian, tawa yang meledak saya memberikan canda, tepuk tangan meriah saat saya memainkan saksofon dan menyanyi untuk mereka.

Keempat, bahkan pertanyaan-pertanyaan pada saat sesi tanya-jawab, banyak yang secara khusus ditujukan kepada saya. Bahkan juga, sesudah Kuliah Umum usai, tak sedikit dari mereka yang mengajak selfie dan foto entah berdua, entah bersama. Itulah tanda-tanda nyata bahwa mereka gembira dan menerima kehadiran saya serta mendengarkan materi yang saya sampaikan. Malahan, ada yang secara khusus mewancarai saya terkait dengan pandangan Gereja Katolik tentang korupsi di negeri ini.

Sebagian peserta Kuliah Umum – Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Akhirnya, saya bergembira boleh ambil bagian dalam Kuliah Umum itu sebab dengan cara itu, saya boleh membagikan ilmu, pandangan, dan pengalaman nyata kepada mereka. Foto-foto dokumentasi dan video-video pendek yang saya tayangkan terkait dengan upaya saya menghayati kepemimpinan yang memberdayakan sesama membuat para peserta dan rekan-rekan pembicara lain merasa terbantu dalam memahami tema. Bahkan, Pendeta Tony dan Pak Sahiron pun mengatakan, pengalaman nyata menghayati kepemimpinan yang memberdayakan sesama menurut perspektif Katolik dalam konteks keberagaman yang sungguh nyata itu patut untuk terus didukung dan dikembangkan di banyak tempat. Saya sendiri menegaskan bahwa kunci dari semua itu adalah merengkuh dengan penuh kasih sayang siapa pun, dalam kerendahan hati dan semangat melayani sesama.

Demikian sekadar sharing kegembiraan yang kualami saat turut ambil bagian dalam Kuliah Umum di UKSW Salatiga. Mengenai bahan yang saya berikan, silahkan membuka di platform UC We-Media, sebab bahan itu sudah diterbitkan di sini pada laman tz.ucweb.com/3_2KMZL dengan judul “Pemimpin Yang Memberdayakan Sesama Menurut Perspektif Katolik” (2018/03/05 15:27) dan tz.ucweb.com/3_39H9G dengan judul “Rengkuhan Kasih Sayang Bagi Jeritan Dunia Kita” (2018/03/09 13:41).

Saat saya menyampaikan materi saya – Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Terima kasih kepada Panitia yang memberikan kepercayaan kepadaku mengalami kegembiraan ini. Terima kasih Anda berkenan membaca sharing ini. Semoga bermanfaat. Salam peradaban kasih bagi kita semua. Tuhan memberkati.***

Salatiga, 10/3/2018

Sumber: refleksi pengalaman pribadi saat menjadi narasumber dalam Kuliah Umum di UKSW Salatiga (Sabtu, 10/3/2018).

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2094389001615226?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.