Inspiration

Percayakah Anda Bahwa Tuhan Berkarya Dengan Cara Yang Tak Terduga? Bersiaplah Mengalaminya

Sahabat Peradaban Kasih UC We-Media yang terkasih, percayakah Anda bahwa Tuhan berkarya dengan cara yang yak terduga? Saya sendiri sangat percaya bahwa Tuhan berkarya dengan cara yang tak terduga dalam diri saya, juga dalam diri Anda? Jika Anda percaya itu – apa pun agama dan kepercayaan Anda – maka, bersiaplah untuk mengalaminya! Mengapa?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Karena kebaikan dan kasih Tuhan itu luar biasa istimewa. Bahkan, Tuhan selalu membuat karya-karya-Nya yang tak terduga dalam diri kita, apa pun agama dan kepercayaan kita. Dalam hidup saya, saya berkali-kali mengalami kebenaran itu. Namun pada kesempatan ini, melalui tulisan ini, ijinkah saya membagikan pengalaman yang bagiku sungguh luar biasa sebagaimana dialami olehn Francis Xavier Kardinal Nguyen Van Thuan (17 April 1928 – 16 September 2002).

Selama tiga belas tahun, beliau ditangkap dan dipenjarakan rezim komunis di Vietnam (15 Agustus 1975 – 21 November 1988). Tanggal 16 Maret 1976, Kardinal Nguyen ditangkap di rumah kediamannya di Vay Vong, lalu disekap dalam sel terisolasi di penjara Phu Khanh. Di dalam penjara, dia merayakan Ekaristi dengan tiga tetesan anggur dan satu tetesan air dalam telapak tangannya, sendirian.

Referensi pihak ketiga

Sejak penangkapan dan penahanan itu, umat sudah menganggap beliau mati. Mereka pun mempersembahkan doa-doa untuk keselamatan jiwanya. Namun, ternyata doa itu memang tepat, dan sungguh menyelamatkan tak hanya jiwanya tetapi juga raganya, sebab ternyata, beliau masih hidup hingga kemudian terbebas dari penjara dan menetap di Roma sebagai Ketua Komisi Keadilan dan Perdamaian Dewan Kepausan pada era Paus Yohanes Paulus II.

Di situlah, peristiwa yang tak terduga, karya Tuhan sendiri terjadi. Banyak kisah menarik dapat dibaca dari kehidupannya. Salah satunya adalah kisah yang beliau tulis sendiri. Beliau menulis, ketika berada di rumah tahanan di desa Giang Xa, 20 kilometer dari Hanoi, dia dijaga oleh seorang Katolik. Begitulah Tuhan menyelenggarakan, penjaga itu harus membuat laporan tertulis setiap bulan kepada aparat kepolisian Vietnam.

“Ia melakukan ini selama beberpa kali, tetaoi kemudian ia berkata kepada saya: Saya tidak menulis lagi. Saya tidak tahu apa yang harus saya tulis. – Engkau harus membuat laporan tertulis! Jika tidak, engkau akan diganti. Penjaga baru akan melaukai saya. – Tetapi saya tidak tahu apa yang harus ditulis! – Kalau begitu, saya akan menuliskan laporan. Engkau menyalin dan menandatanganinya. – Setuju. Kemudian, polisi memuji dia atas laporannya dan memberi dia sebotol anggur sebagai imbalannya. Ia membawanya ke rumah tahanan dan kami minum bersama pada malam hari.” (Sumber: Kesaksian Pengharapan, Obor: Jakarta, 2002, h. 206-207).

Itulah sepenggal pengalaman yang ditulis oleh Kardina Nguyen. Bahkan, Kardinal Nguyen juga bersaksi bahwa justru ketika di dalam penjara, beliau bisa menahbiskan sejumlah imam di Vietnam, yang dilakukan pada tengah malam antara pukul 23.30-13.00 pada hari berikutnya waktu setempat di Vietnam. Beliau menyebutnya, itulah upacara pentahbisan iman terlama di seluruh dunia.

Referensi pihak ketiga

Itulah kisah nyata yang saya kutip dari pengalaman Francis Xavier Kardinal Nguyen Van Thuan. Saya yakin, Anda pun dalam banyak hal, memiliki pengalaman iman – apa pun agama Anda – betapa Tuhan berkarya dengan cara yang tak terduga!

Pengalaman ini bukan pengalaman eksklusif orang tertentu, tetapi bisa dialami oleh semua orang, termasuk Anda dan saya, apa pun bentuknya. Tinggallah kepekaan hati kita untuk menangkap dan menyadari pengalaman itu, dan menempatkannya sebagai karya Tuhan yang tak terduga di dalam hidup kita.

Manakah pengalaman Anda yang merupakan karya Tuhan yang tak terduga di dalam hidup Anda? Temukanlah dan syukurilah dengan bahagia!

Demikian, semoga bermanfaat. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati. ***

Johar Wurlirang, 17/3/2018

Sumber: FX Kardinal Nguyen Van Thuan, Kesaksian Pengharapan, Obor: Jakarta, 2002. dan Biografi beliau sebagaimana dirilis di laman ini: www.card-fxthuan.org/about-cardinal/bio-english.php

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2458295159244051?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.