Inspiration

Inspirasi Kontras: Yang Mati, Yang Menghidupkan

Sahabat Peradaban Kasih UC News yang terkasih. Selalu ada yang disebut kontras dalam kehidupan kita. Kontras adalah sesuatu yang berlawanan namun membawa manfaat. Peristiwa kontras selalu ada dalam kehidupan kita sehari-hari.

Referensi pihak ketiga

Normalnya, obat itu pahit, namun mendatangkan kesehatan. Ibu yang melahirkan berjuang dengan rasa sakit, namun menghadirkan kehidupan baru. Mendaki gunung itu melelahkan, namun mendatangkan kegembiraan.

Hal serupa terjadi dalam hidup rohani dan keimanan. Sesudah bulan Ramadhan dengan Ibadah Puasa ada kemenangan Idul Fitri. Sesudah masa Prapaskah ada sukacita Paskah. Sesudah penantian, ada perjumpaan. Habis gelap, terbitlah terang.

Referensi pihak ketiga

Umat Kristiani sedunia saat ini sedang berada dalam keheningan Sabtu Suci. Sesudah Yesus wafat dan dimakamkan, itulah saat keheningan. Kematian bukan akhir, melainkan awal kehidupan baru. Dialah yang terluka, sekaligus yang menyembuhkan. Dialah yang mati sekaligus yang menghidupkan.

Dalam permenunganku, Yesus adalah pribadi yang menginspirasi kontras kehidupan. Dialah yang terluka namun luka-luka-Nya menyembuhkan kita. Penderitaan dan wafat-Nya mendatangkan kegembiraan dan kehidupan. Perendahan-Nya menghadirkan pemuliaan. KematianNya membuahkan penebusan dan keselamatan.

Referensi pihak ketiga

Inspirasi kontras itu menggerakkan kita pula untuk menghayati proses serupa. Kita pun bisa menjadikan luka-luka kita sebagai penyembuh bagi luka-luka sesama. Pengorbanan para orangtua memberikan kebahagiaan bagi anak-anaknya. Kerja keras para petani menghadirkan bahan makanan bagi manusia. Pertanyaannya: dalam hal apakah kita telah menjadi yang terluka namun menyembuhkan; mengalami kematian namun menghidupkan?

Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati.***

Johar Wurlirang, Sabtu Suci 2018

Sumber: refleksi pribadi atas makna Sabtu Suci.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2043261771056555?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.