Inspiration

Unik! Menginspirasi dan Memotivasi Hidup Damai Melalui Radio

Sahabat Peradaban Kasih UC News yang terkasih. Artikel ini berisi sharing pengalaman indah ketika diriku beroleh kesempatan memberi inspirasi (= menginspirasi) dan memberi motivasi (= memotivasi) tentang hidup damai dan rukun dalam keberagaman. Uniknya, itu saya lakukan melalui media radio. Seperti apakah?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Minggu, 1 April 2018, merupakan hari yang unik dan istimewa bagiku atas dua hal. Pertama, pada pukul 08.00 – 09.00 WIB, saya diminta menjadi narasumber dalam dialog interaktif melalui Pro-3 Radio Republik Indonesia (RRI). Dipandu oleh Mbak Esti, atas permintaan Susi (perencana siaran Pro-3 RRI), saya memberikan dialog interaktif per telpon. Mereka menyebutku romo toleransi dan saksofonis.

Ternyata acara itu dipancarkan ke seluruh Nusantara. Beberapa pendengar menanggapi secara positif topik yang saya sampaikan tentang membangun hidup damai dan rukun dalam semangat toleransi dalam keberagaman. Ada yang dari Kupang, Jakarta, dan bahkan dari Singapura. Inilah uniknya menginspirasi dan memotivasi tentang hidup damai melalui Pro-3 RRI. Saya bersyukur boleh berbagi pengalaman dan memovitasi siapa saja yang mendengarnya melalui progaram ini.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr Siaran Mimbar Agama Katolik di Radio Gajah Mada FM 102.4, tahun k-14, 1 April 2018. Pemotret Mas Radit

Kedua, sesudah dialog interaktif itu, saya meluncur ke Radio Gajah Mada 102.4 FM di Semarang. Kalau yang pertama tadi saya lakukan per telpon dari kamarku; yang kedua ini kulakukan langsung dari studio. Yang unik adalah siaran ini merupakan siaran saya tahun ke-14. Pertama kali saya siaran di radio ini 14 tahun lalu, dan berlangsung rutin sebulan sekali setiap Minggu Pertama dalam durasi 30 menit, dari pukul 10.30-11.00 WIB. Kepercayaan ini saya tekuni dengan setia sampai 14 tahun ini; kadang live, kadang recording.

Meski judulnya Mimbar Agama Katolik, namun, saya selalu menyapa siapa saja yang mendengarkan siaran itu dalam rangka hidup rukun dan damai. Pesan universilas tentang hidup rukun dan damai menjadi pesan pokok setiap siaranku. Dengan cara itu, saya mencoba menginspirasi dan memotivasi siapa saja untuk hidup damai melalui mimbar radio.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr – Siaran Mimbar Agama Katolik, menginspirasi dan memotivasi hidup damai di Radio Gajah Mada FM, tahun ke-14, 1 April 2018. Pemotret: Mas Radit

Menurutku, ini pengalaman unik, sebab dalam waktu yang beruntun melakukan siaran di dua radio. Yang pertama dari kamar per telpon; yang kedua dari studio. Menginspirasi dan memotivasi hidup damai melalui radio sudah merupakan hal unik bagiku. Ditambah, seumur hidup, baru kali ini secara beruntun melakukan siaran di dua radio yang berbeda tentang topik yang sama. Menurutku, ini sungguh unik. Bagaimana menurut Anda?

Demikian. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati.***

Sumber: refleksi pengalaman pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/676385138891021?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.