Inspiration

Kisah Inspiratif Malam: Mendongenglah Ibu, Anak-Anakmu Mendengarkan

Sahabat Peradaban Kasih UC News yang terkasih. Saya bersyukur dan merasa beruntung, ketika masih kanak-kanak, saya dan adik-adik masih mengalami indahnya ibu kami mendongeng untuk kami. Dongeng sebelum tidur! Itulah yang selalu kami rindukan setiap malam tiba.

Referensi pihak ketiga

Sesudah berdoa malam bersama, kami merebahkan diri di atas tempat tidur, lalu ibu mulai mendongeng! Cerita-cerita yang dikisahkan ibu selalu menarik. Bahkan, tak sekadar dongeng dengan tokoh “Kancil”, tetapi dongeng-dongeng yang bersambung, yang diambil dari cerita rakyat.

Referensi pihak ketiga

Maka, setiap malam tiba, sebagai anak sulung dari enam bersaudara, mewakili adik-adikku, saya selalu meminta kepada ibu: Mendongenglah ibu, kami anak-anakmu siap mendengarkan. Dan begitulah, ibu kami mulai mendongeng. Ketika dongengnya bersambung, kami ditanya, “Kemarin cerita sampai di mana ya?” Dengan penuh semangat kami mulai mengingat. “Mmmmm, itu… para kleting sudah diseberangkan oleh Yuyu Kangkang untuk melamar Ande-Ande Lumut…” begitulah saya ingat, salah satu dongeng tentang Ande-Ande Lumut, yang oleh ibu kami dibuat dongeng bersambung.

Referensi pihak ketiga

Ibu harus mendongeng hingga kami anak-anak tertidur. Kadang tidurnya tidak bareng. Ada yang lebih cepat, ada yang lebih lambat sehingga tetap bisa mendengarkan dongeng yang disampaikan ibu. Namun, tak jarang juga, di saat ibu capek, ibulah yang tertidur. Maka, kami yang masih berjaga, membangunkannya agar melanjutkan dongengnya hingga kami semua tertidur dengan pulas.

Itulah kenangan indah kisah inspiratif malam yang bisa kukenang. Saya berharap, di zaman now, masih ada ibu-ibu yang mendongeng untuk anaknya, atau anak-anak yang rindu mendengarkan dongeng ibunya. Mungkinkah?***

JohArt Wurlirang, 6/4/2018

Sumber: refleksi pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2593564210578971?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.