Inspiration

Kisah Inspiratif Malam: Selamat Datang Saudari Maut

Sahabat Peradaban Kasih UC News yang terkasih. Ijinkan saya berbagi kisah inspiratif malam berdasarkan pengalaman Santo Fransiskus Asisi (1182-1224). Kisah ini menampilkan pengalaman St. Fransiskus Asisi dalam menghadapi kematiannya. Seperti apakah?

Referensi pihak ketiga

Suatu hari, dokter yang merawatnya, yang berasal dari Arezzo datang kepadanya untuk melihat keadaan Fransiskus yang sedang sakit parah. Dokter itu bernama Bonus Yohanes. Kepadanya St. Fransiskus bertanya, “Saudaraku, bagaimana menurutmu. Seperti apa keadaanku saat ini?”

Dokter Yohanes enggan berterus terang kepada St. Fransiskus untuk menyatakan bahwa kondisinya sangat buruk. Bahkan, secara medik, hidupnya di dunia ini tinggal menghitung hari saja. Karena itu, ia menjawab, “Saudaraku, karena rahmat Tuhan, keadaanmu baik-baik saja.”

Referensi pihak ketiga

Fransiskus yang merasakan bahwa maut sudah dekat berkata kepadanya, “Katakanlah kebenaran padaku. Jangan takut, sebab berkat rahmat Tuhan, aku tidak akan berkecil hati, apalagi takut kepada maut. Aku percaya, baik hidup maupun mati, aku berada bersama Dia.”

Mendengar itu, sang dokter pun berterus terang, “Bapa, secara medik, penyakitmu tidak bisa disembuhkan. Engkau akan meninggal dalam waktu dekat. Mungkin akhir September atau tanggal 4 Oktober nanti.” Tiba-tiba Fransisku mengangkat tangannya. Dengan sukacita ia bersujud di hadirat Tuhan dan berkat, “Selamat datang Saudari Maut! Aku siap menyambutmu, membawaku semakin erat bersatu dengan Tuhanku!” Siapa menduga, ternyata maut sungguh-sungguh menjemput. Fransiskus wafat pada tanggal 3 Oktober 1224, sehari lebih cepat dari yang dikatakan sang dokter.

Referensi pihak ketiga

Bagaimana dengan kita? Apa yang akan kita lakukan saat mendengar bahwa kematian sudah dekat dan siap menjemput kita? Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati.***

JohArt Wurlirang, 3/4/2018

Sumber: Leo cs, Legenda Perugina, SEKAFI, Jakarta, 2004, h. 196-197.

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2732992799685131?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.