Inspiration

Dahsyat, Inspiratif! Perjumpaan Rohani Yang Mengubah Kehidupan Siapa Pun Dan Di Mana Pun

Sahabat Peradaban Kasih UC News yang terkasih. Artikel ini merupakan pokok gagasan atas materi yang saya persiapkan untuk Gladi Rohani yang diselenggarakan Tim OMK Campus Ministry Unika Soegijapranata (13-15/4/2018). Dahsyat! Perjumpaan rohani yang mengubah kehidupan (spiritual encounter transforming) bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Siapa pun bisa mengalaminya. Sayangnya, saya tidak bisa menyampaikan secara langsung karena tiba-tiba saya harus mondok di rumah sakit. Ijinkan kubagikan melalui platform ini. Semoga bermanfaat.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr – ilustrasi diambil dari natashache.com untuk bahan presentasi powerpoint

Perjumpaan rohani pertama-tama terjadi antara kita dengan Tuhan, apa pun agama dan kepercayaan kita. Perjumpaan denganNya mampu mengubah segalanya menjadi baru dan menghadirkan sukacita yang selalu baru. Tinggallah kita, memiliki kerendahan hati untuk rela dijumpaiNya atau tidak. Mungkin kita tidak mau berjumpa denganNya, entah karena alasan apa pun. Namun, biarlah sejenak saja, Tuhan berkenan menjumpai kita, dan perjumpaan itu akan mengubah segalanya.

Referensi pihak ketiga

Salah satu contoh yang menurutku sangat mengesankan adalah pengalaman dua orang asal Emaus. Ia pulang kampung dalam keadaan frustasi, putus asa dan kecewa. Dalam perjalanan pulang kampung itu, ia mengalami perjumpaan rohani dengan Tuhan yang mengubah kehidupan mereka. Mereka yang semula berduka berubah menjadi bersukacita. Mereka yang tadinya putus asa, seketika berpengharapan dan kembali ke jalur kehidupan yang seharusnya. Mereka yang semula berhenti karena malam tiba, berubah seketika menembus malam untuk bergerak dan kembali bergabung dengan rekan-rekannya dan mewartakan kegembiraan perutusan mereka yang bersumber dari perjumpaan rohani dengan Tuhan melalui pemecahan roti.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr – Ilustrasi diambil dari abzu2.com untuk bahan power point

Dalam sejarah kehidupan manusia, apa pun agama dan kepercayaannya, selalu ada contoh-contoh yang menarik berupa perubahan hidup bahkan 180 derajat karena pengalaman perjumpaan rohani dengan Tuhan. Pengalaman itu berbuah dalam berbagai karya pelayanan yang membangun kehidupan bersama, kemanusiaan, kebudayaan, dan kesejahteraan. Bahkan perjumpaan itu membuatnya menjadi figur pencerah, seperti misalnya yang dialami Sidharta Gautama. Sekali lagi, setiap agama dan kepercayaan, selalu memiliki pribadi-pribadi yang bisa menjadi contoh spiritual encounter transforming.

Referensi pihak ketiga

Kita pun bisa mengalami rahmat yang sama. Perjumpaan rohani yang mengubah kehidupan kita dan juga kehidupan orang lain dalam rangka kebaikan, kesejahteraan, kerukunan, keharmonisan dan kedamaian. Tak perlu dengan hal-hal besar, tetapi yang kecil-kecil pun bisa menjadi sesuatu yang dahsyat dalam rangka perjumpaan rohani yang membawa perubahan bagi siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati.***

Elizabeth Semarang, 15/4/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4074609276664381?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.