Inspiration

Inspiratif! Ada Makna Lain Yang Lebih Dahsyat Dari Kata Pengharapan

Sahabat Peradaban Kasih UC News terkasih. Terungkap! Ternyata ada makna inspiratif lain dari kata “hope” dan ini lebih dahsyat girls and guys! Apa itu? Silahkan simak ilustrasi pertama artikel ini dan bacalah artikel ini baik-baik ya. Semua makna inspiratif yang luar biasa dahsyat itu ada di sana.

Referensi pihak ketiga

Dalam artikel tentang makna pengharapan (hope) yang terbit di laman tz.ucweb.com/4_4cXxH (judulnya: “Mantab Jiwa! Dalam Pengharapan Terdapat Kebahagiaan, Optimisme, Kesabaran, Dan Empati” terbit 2018/04/22 18:29), saya memusatkan perhatian pada empat aspek pokok pengharapan (kebahagiaan, optimisme, kesabaran dan empati). Nah, ketika saya mencari ilustrasi untuk artikel tersebut, saya temukan satu ilustrasi yang menginspirasi diriku untuk melihat sisi lain dari “hope” terkait dengan kepeduliaan dan belarasa kepada sesama yang tertindas dan menderita. Menurutku, makna lain itu lebih merupakan pengembangan dari empati pada pemaknaan sebelumnya, namun sungguh dahsyat dan luar biasa inspiratif!

Ternyata, ‘hope” tak hanya berpusat pada diri sendiri yang egoistik. Hope (pengharapan) harus bergerak keluar dari diri sendiri menuju sesama, terutama mereka yang menderita. Menurutku, makna ini sangat luar biasa dahsyat! Dalam ilustrasi tersebut, hope merupakan singkatan dari “helping oppressed people everywhere“. Saya sangat berterima kasih menemukan gambar itu dan makna yang luar biasa dari kata hope sebagai kerelaan “membantu kaum tertindas di mana pun” itu. Menurutku, makna ini sangat mendalam dan inspiratif. Itulah bagian dari empati. Itulah kepeduliaan. Itulah bela rasa dan solidaritas.

Referensi pihak ketiga

Secara khusus, melalui artikel ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada siapa pun yang secara “genius and compassionate” berhasil mengurai kata “hope” (pengharapan) dalam kaitannya dengan kaum tertindas di mana pun berada. Ini sungguh luar biasa. Bagiku, dia layak mendapatkan apresiasi setinggi-tingginya atas kreativitas yang jenius namun penuh belarasa itu. Dalam permenunganku, pengharapan yang dihubungkan dengan kerelaan membantu kaum tertindas di mana pun itu sungguh inspiratif, motivasional sosial dan penuh empati serta simpatik! Luar biasa dahsyat!

Ketika pengharapan juga dikembangkan dalam rangka pemberdayaan dan membantu mereka yang tertindas di mana pun, di sanalah, kepekaan hati dan jiwa kita bertumbuh. Pengharapan sejati pun dikembangkan dan diwujudkan. Kita juga bertumbuh bukan menjadi pribadi-pribadi yang egois, melainkan menjadi pribadi-pribadi yang peka terhadap sesama yang tertindas. Lihatlah! Ada begitu banyak saudari-saudara kita yang tertindas oleh berbagai kekerasan, ketidakadilan, dan kejahatan! Mari kita tergerak untuk membantu mereka, sekecil apa pun bantuan kita, dan apa pun bentuk pertolongan kita. Minimal, janganlah kita menjadi sumber ketertindasan bagi orang lain! Setuju girls and guys?

Referensi pihak ketiga

Semoga dengan pemaknaan yang luar biasa dahsyat atas kata “hope” sebagai membantu kaum tertindas di mana pun, kita juga kian dimampukan mewujudkan peradaban kasih bagi masyarakat yang sejahtera, bermartabat, dan beriman – apa pun agama dan kepercayaan kita. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita dan siapa pun yang saat ini sedang tertindas oleh alasan apa pun!***

JohArt Wurlirang, 23/4/2018.

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan ilustrasi “hope: helping oppressed people everywhere” (referensi pihak ketiga)

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1197324910430007?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.