Inspiration

Penting Inspiratif! Jangan Ada Permusuhan Di Antara Kita, Bukankah Kita Bersaudara?

Sahabat Peradaban Kasih UC News terkasih. Mari kita hening sejenak memandang kehidupan di sekitar kita. Betapa mudahnya konflik terjadi. Di dalam keluarga, di lingkungan bertetangga, di tempat kerja, di dunia maya (ini yang jauh lebih seru!). Dalam situasi ini, penting dan inspiratif untuk direnungkan! Jangan ada permusuhan di antara kita, bukankah kita bersaudara?

Referensi pihak ketiga

Sebagai bangsa, kita hidup dalam satu rumah besar bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dasarnya jelas, yakni Pancasila. Landasan konstitusinya juga jelas, yakni Undang-Undang Dasar 1945. Bingkai pun kokoh dalam sejarah, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Keragaman kita meneguhkan dan menguatkan kebersamaan kita sebagai saudara sebangsa dan setanah air. Mengapa masih harus bertikai dan terjebak dalam konflik?

Jujur kita akui, penyebab utama konflik di antara kita tak lain adalah rasa iri hati dan cemburu, dengki dan dan dendam. Yang terjadi tak hanya soal beda pendapat, melainkan juga karena beda pendapatan. Rasa-perasaan itu kian runyam saat ditunggangi oleh hasrat tamak akan kekuasaan, gengsi, dan keterjaminan ekonomi bagi kelompok tertentu terbatas. Masih pula dirusak oleh sifat-sifat eksklusivistik yang menciptakan lingkaran-lingkaran setan melulu demi pemenuhan hasrat akan kekuasaan.

Referensi pihak ketiga

Akibatnya, alih-alih menjadi bagian dari seluruh kehidupan yang ditandai keberagaman yang kaya raya, kita jatuh dalam cara berpikir yang sempit, eksklusif, merasa diri paling benar dan yang lain adalah salah! Inilah yang membuat dunia dan kehidupan kita tercabik-cabik, bahkan kian terluka dan hancur oleh kekerasan dan individualisme yang memecah-belah.

Maka mari kita sadari bersama. Jangan ada permusuhan di antara kita sebab kita semua berada dalam kapal kebangsaan dan keberagaman yang sama. Kita pun berjalan mengarah ke pelabuhan yang sama yakni kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, hidup dalam musyawarah dan mufakat demi keadilan sosial bangsa seluruh bangsa atas dasar iman kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mari kita jadikan semua ini sebagai inspirasi dan motivasi untuk maju bersama sebagai bangsa!

Referensi pihak ketiga

Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan Yang Maha Esa memberikati kita semua menuju kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dalam semangat musyawarah mufakat untuk keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.***

Kampus Ungu Unika Semarang, 24/4//2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/95939236563773?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.