Inspiration

Bangunlah Peradaban Kasih Dengan Cara Tidak Bicara Buruk Tentang Orang Lain, Sanggupkah?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Semua agama melarang kita untuk bicara burum tentang orang lain atau bergosip atau berghibah. Sudah berkali-kali sejak terpilih menjadi Paus, Paus Fransiskus mengajak kita untuk tidak omong buruk tentang orang lain. Hal serupa diulangi lagi pada hari Minggu, 6 Mei 2018, di Paroki Sakramen Mahakudus di Toe de ‘Schiavi, Roma. Apa yang dikatakannya?

Referensi pihak ketiga

“Cobalah untuk tidak berbicara buruk tentang orang lain. Dan obatnya mudah dan terjangkau oleh semua orang. Gigitlah lidahmu. Lidah tersebut akan membengkak tetapi pasti akan mencegah kita berbicara buruk tentang orang lain.”

Itulah nasihat yang bisa menginspirasi dan memotivasi kita juga. Tidak omong buruk tentang orang lain adalah bagian dari tinggal dalam kasih Yesus dengan cara mengasihi orang lain. Dengan tidak bergosip atau berbicara buruk tentang orang lain kita hidup dalam kasih. Gosip bukanlah merupakan kasih. 

Referensi pihak ketiga

Untuk mencegah agar kita tak bergosip, jagalah lidahmu dan gigitlah lidahmu saat kamu tergoda untuk bergosip. Lidah adalah tolok ukur untuk menilai kasih. “Lidah itu seperti termometer untuk mengetahui suhu kasih kita kepada sesama!” kata Paus Fransiskus.

Referensi pihak ketiga

Semoga nasihat itu dapat juga kita hayati dalam kehidupan kita. Dengan begitu, kita bisa membangun peradaban kasih melalui lidah kita. Dahsyat bukan? Salam peradaban kasih. Terkma kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 10/5/2018

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan zenit.org (7/5/2018)

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3315213089894146?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.