Inspiration

Meski Menyakitkan, Namun Indah Saat Bisa Jujur Mengakuinya, Itulah Kerendahan Hati, Kawan

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Saat kita merefleksikan diri kita dengan jujur, kita menemukan ternyata betapa rapuhnya hidup kita. Sungguh menyakitkan saat kita bisa menyadarinya, namun, justru itulah kesempatan untuk bisa bersikap rendah hati. Mengapa?

Referensi pihak ketiga

Pertama, lihatlah, ternyata ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dalam diri kita. Misalnya, kita butuh perhatian, afeksi, pengakuan diri dan dianggap berguna oleh orang lain. Di situlah sebetulnya kita ini ternyata rapuh.

Kedua, saat kita merasa diterima, disambut hangat, dihargai; kita sebetulnya sedang bergumul dengan pemenuhan kebutuhan untuk disambut, dihargai dan diterima. Akibatnya, dengan mudah kita menjadi kecewa saat yang terjadi sebaliknya.

Referensi pihak ketiga

Ketiga, saat kita sibuk berkurban dan berjuang melawan penindasan dan ketidakadilan; diam-diam bahkan mungkin tanpa disadari; kita sedang memenuhi kebutuhan untuk mendapatkan pengakuan dan pujian. Maka, kita menjadi merasa hampa dan sia-sia ketika yang terjadi sebaliknya.

Referensi pihak ketiga

Maka, kita harus siap tersakiti terus-menerus bila kita tidak bisa jujur dan bersikap rendah hati. Lakukanlah semua bukan dengan berpusat pada diri sendiri, melainkan melulu karena menyadari bahwa itulah panggilan dan perutusan kita. Dengan begitu, kita akan tetap bahagia dan gembira saat segala sesuatu yang kita lakukan justru dianggap tak ada gunanya. Dipuji maupun dicaci; disanjung maupun ditelikung; diterima maupun dihina; kita tetap setia melakukan yang terbaik dalam kehidupan kita bagi sesama. Itulah tanda peradaban kasih telah tertanam dalam diri kita.

Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Kampus Ungu Unika, 8/5/2018.

Sumber: refleksi pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/16010211197680?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.