Inspiration

Inspirasi Dan Motivasi Indahnya Keberagaman Dalam Panorama Mural Pancasila

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Banyak inspirasi dan motivasi untuk merayakan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2018. Salah satunya yang ini nih. Penasaran seperti apa? Kita simak yuk.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Inspirasi dan motivasi merayakan Harlah Pancasila ke-73 dipraktikkan oleh Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang dalam sinergi dengan para perupa Semarang (baik Kota maupun Kabupaten) dan sekitarnya (Salatiga, Ambarawa, Pati) dalam peristiwa Panorama Mural Pancasila. Bahkan ada perupa dari Probolinggo demi Mural Pancasila, datang dan terlibat di dalamnya.

Alunan gamelan siswa-siswi Mater Alma Ambarawa menghidangkan Kebogiro dan kreasi perkusi yang mengentak menyambut para tamu yang hadir. Sejumlah tamu undangan tampal hadir yakni Kombes Agus Triatmojo dari Kabid Humas Polda Jateng, Wakil Rektor IV Unika Benny Setiono, tokoh lintas agama Haji Fatquri dari Masjid Agung Jawa Tengah, Pdt Sediyoko Ketua GKPS, Pandita Wahyudi dari Buddha dan rombongan dari sekolah-sekolah dan Paroki Ungaran serta Kebon Dalem. Para tamu dihidangi tarian Gambyong, Gambang Semarang, dan Angklung dari SMK Bagimu Negeri.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Sebagai penanda NKRI, rangkaian Mural Pancasila diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Gurit Donga oleh Ki Rengga Dumadi. Sesudahnya, perupa Semarang Hartono yang memberikan sambutan atas nama Panitia. Rangkaian pembukaan Mural Pancasila diinspirasi dan dimotivasi dengan orasi oleh Rektor Unika, Prof Dr F Ridwan Sanjaya; Ketum Lembaga Kebudayaan Nasional Indonesia, Toto Sudarwoto dan Hendar Prihadi, Wali Kota Semarang. 

Imspirasi warna-warni seni dalam keberagaman menggema dalam Rebana dari IPNU Unnes dan SMK Kanisius Ungaran, serta tarian Dayak Kalimantan dari SMK Bagimu Negeri. Tak ketinggalan alumni LKTL Unika Soegijapranata menyanyikan lagu Garuda Pancasila. Warna meriah melalui musik disemarakkan oleh OMK Banyumanik dalam konteks Srawung.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Begitulah inspirasi dan motivasi kebangsaan digemakan melalui Panorama Mural Pancasila dari Semarang untuk Indonesia. Semangatnya adala membangun peradaban kasih dalam ekspresi seni dan budaya, baik seni rupa maupun seni musik. Sedikitnya 200-an orang muda pelajar dan mahasiswa terlibat di dalamnya. Salam Pancasila. NKRI harga mati. Bhinneka Tunggal Ika jaya berdasarkan UUD 1945. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 1 Juni 2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1091258957307304?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.