Inspiration

Jangan Takut Mengalami Kesepian Rohani Sebab Di Situ Pun Tuhan Hadir Menyertaimu Kawanku

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Seorang sahabat, tim kerja selama 14 tahun dan sudah seperti adikku sendiri, memintaku untuk menulis tentang kesepian rohani. Apa itu dan kita harus bagaimana di saat mengalaminya?

Referensi pihak ketiga

Kesepian rohani itu akibat dari kekeringan rohani. Kekeringan rohani adalah kehidupan yang sedang merasa hampa, tak berguna, segalanya terasa sia-ia. Karena itulah kita lalu tercekam kesepian rohani. Siapapun bisa mengalami kesepian rohani. Puncak dari kesepian rohani adalah ketika kita bahkan merasa sendiri dan ditinggalkan Tuhan! 

Namun, benarkah Tuhan meninggalkan kita berjuang sendirian? Oh tidak kawan! Karenanya, jangan pernah merasa takut saat kita mengalami kesepian rohani. Kesepian rohani bahkan menjadi titik balik untuk mengalami penghiburan dan keindahan hidup rohani.

Referensi pihak ketiga

Bagaimana kita harus bersikap saat kita mengalami kesepian rohani? Pertama-tama, sadarilah dan akuilah pengalaman itu. Kedua, kelola pengalaman itu dalam iman, harapan dan kasih, apa pun agama dan kepercayaanmu. Ketiga, biarkan pengalaman itu menjadi berkat bagi kehidupanmu, sebab Tuhan akan mengubah kekeringan rohani menjadi pupuk bagi hidupmu dan pada saatnya akan diubah pula menjadi penghiburan rohani.

Begitu Gan. Tapi juga perlu dimengerti bahwa dalam kesepian rohani, jangan pernah mengambil keputusan penting dalam hidupmu selain berserah saja kepada Tuhan. Mengapa? Sebab setiap keputusan baru yang diambil di saat sedang mengalami kesepian rohani, dijamin pasti keliru! So, berserah dan setia pada yang sedang kita jalani dan perjuangkan itu penting dan indah, dan pasti akan menjadi berkah! Okay?!

Referensi pihak ketiga – Ketika sedang mengalaminkesepian rohani tetaplah setia dan jangan pernah mengambil kwoutusan apa pun selain bertahan dalam keaetiaan

Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Otw to Jogya, 14/5/2018

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan pertanyaan Lukas Awi Tristanto

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/567226313463532?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.