Inspiration

Keren! Saling Menginspirasi Mewujudkan Impian, Kawan

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Fakta ini sungguh keren dan menginspirasi. Selalu banyak jalan untuk melakukan kebaikan bagi bangsa. Seperti apa kisah yang keren itu?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Mereka adalah sejumlah mahasiswa di Kendal, Jawa Tengah. Dalam rangka merayakan Harlah Pancasila, mereka bertekad menyelenggarakan sharing dan diskusi tentang Pancasila. Kegiatan ini diramu dalam bingkai seni, sastra dan budaya. Namun agaknya mereka mengalami kesulitan dari sisi sivitas akademika di kampus mereka. 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Kendati demikian, mereka tidak patah arang. Selalu ada jalan untuk kebaikan apalagi mengacu pada Pancasila. Itulah sebabnya, saat mereka menghubungiku agar turut hadir dan mendukung acara mereka; saya pun merapat ke Kendal meski sejujurnya, secara fisik, saya sudah lelah oleh karena berbagai kegiatan beruntun dalam rangka Ramadhan dan Kebangsaan. Meski sedang sakit perut parah, sesudah Ngabuburit di PAI LIK Ngaliyan, saya meluncur ke kendal.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Semua itu kulakukan justru karena terinspirasi oleh semangat para mahasiswa dan orang muda Kendal dalam rangka srawung dan kebangsaan. Walhasil, mereka mendaulat saya bersama Bung Kirno dan Timur Sinar Suprabana untuk sinau bareng (belajar bersama) tentang Pancasila, kerukunan dan kebangsaan. Ternyata, dalam kesempatan itu, justru saling menginspirasi dalam partisipasi merawat Pancasila sebagai dasar negara agar tetap abadi selamanya seperti dinyatakan Bung Karno dalam pidatonya, 1 Juni 1945.

Referensi pihak ketiga

Inilah kisah inspirasi yang terjadi di area Kantor DPC PDIP Kendal. Di antara semarak seni musik Lestra Kendal, pembacaan puisi (Indri) dan geguritan (Sonny), kami bertiga berbagi pemahaman dan pengalaman tentang kerukunan dan kebangsaan berbingkai Pancasila dipandu penyair Kendal, Kelana Siwi. Bagiku, semangat mereka sungguh luar biasa. Pada kesempatan itu, saya bahagia bisa berjumpa sejumlah orang muda dan para seniman serta penyair Kendal. Maka, sekaligus kutitipkan pesan agar mereka mendukung OMK Keris (Kendal, Weleri dan Sukorejo) yang pada tanggal 15 Juli mendatang menyelenggarakan pra-event ke-5 Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda Lintas Agama di Kendal. Mereka pun menanggapi titipan itu penuh antusiasme. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Kendal, 5/6/2018

Sumber: refleksi pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3667697291159519?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.