Inspiration

Inspirasi Falsafah Jawa: Anugerah Tuhan Bagi UmatNya Itu Beragam Untuk Masing-Masing Orang

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inspirasi falsafah Jawa ini masih erat terkait dengan falsafah Jawa bahwa Tuhan itu tidak diskriminatif. Nyatanya itu tampak dalam falsafah Jawa yang berikut ini. Yang manakah?

Referensi pihak ketiga

Yang ini neh: Beda-beda pandumaning dumadi. Inspirasi falsafah Jawa ini berartibahwa Tuhan membagikan anugerahNya yang berbeda-beda kepada umatNya. Apa maknanya?

Pertama, benar bahwa seperti diinspirasi falsafah Jawa bahwa Pangeran iku ora mbedak-mbedakake kawulane (Tuhan tidak pilih kasih), maka Tuhan juga membagikan anugerahNya berbeda-beda. Tentu, ini tidak bertentangan dengan kenyataan bahwa Tuhan itu tidak pilih kasih. Justru karena itu maka Tuhan membagikan anugerahNya tidak sama rata sama rasa.

Kedua, anugerah Tuhan bagi masing-masing orang sesuai dengan takarannya agar manusia tidak jatuh dalam keserakahan, ketamakan dan kerakusan. Anugerah Tuhan juga berbeda-beda dalam rangka keberagaman. Tidak semua orang dianugerahi kelahiran sebagai orang Jawa atau hanya satu suku saja Batak atau Sunda dan seterusnya. Anugerah Tuhan beragam sesuai dengan penentuanNya tetapi juga usaha dan kerja keras yang bersangkutan.

Itulah menurutku makna inspirasi falsafah Jawa Beda-beda pandumaning dumadi. Lebih dari segalanya, inspirasi falsafah Jawa Beda-beda pandumaning dumadi mengajak kita untul selalu bersyukur atas setiap anugerah dan berkah yang dibagikanNya kepada kita.

Demikian, salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua dengan anugerahNya yang selaras dengan kehendakNya bagi kita.***

JoharT Wurlirang, 16/6/1018.

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi falsafah Jawa Beda-beda pandumaning dumadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3308444135379243?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.