Inspiration

Inspirasi Falsafah Jawa Dalam Hal Kerukunan Menuju Kesejahteraan, Sebaliknya Kehancuran

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Dalam arus mudahnya orang memecah belah dengan ujaran kebencian, sungguh mengasyikkan merenungkan dan mengolah falsafah Jawa yang satu ini. Rukun agawe santosa, crah agawe bubrah! Apa makna yang sebenarnya?

Referensi pihak ketiga

Inspirasi falsafah rukun agawe santosa, crah agawe bubrah amatlah positif. Bila kita hidup rukun pastilah kita kuat dan sejahtera. Kerukunan membuat kita semua kuat sentosa. Falsafah itu sama dengan peribahasa: bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh! Hanya persatuan dan kesatuan untuk segala hal yang baiklah yang akan mendatangkan kesejahteraan, kesentosaan dan bahkan kebahagiaan. Namun, jangan salah paham. Kerukunan dalam falsafah Jawa ini hanya dalam arti yang positif. Kerukunan yang berbuah kesejahteraan bagi semua, bukan hanya bagi segelintir orang saja yang sok rukun ala kolusi, korupsi dan nepotisme; bukan!

Referensi pihak ketiga

Itulah yang dimaksud dengan rukun agawe santosa. Sebalimnya adalah kehancuran, yakni crah agawe bubrah. Setiap perpecahan apa pun alasannya akan berbuah kehancuran. Crahdalam falsafah Jawa itu berarti hidup yang ditandai oleh permusuhan. Setiap bentuk permusuhan akan membuat hidup yang bersangkutan sengsara. Biasanya, kata crah diikuti tak hanya bubrah tetapi juga sulaya. Maka ada ungkapan crah sulaya. Semua bentuk crah sulaya yakni pertikaian dan perselisihan akan berbuah kehancuran, cepat atau lambat.

Referensi pihak ketiga

Dwmikian falsafah Jawa ini bermakna bagi kita dalam membangun peradaban kasih. Mari kita selalu hidup rukun dan damai dalam kehidupan bersama agar sejahtera. Bila yang terjadi sebalimnya, hanya kehancuran dan derita yang akan dituai. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua dengan kerukunan dan kesejahteraan.***

JoharT Wurlirang, 13/6/2018

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan Ensiklopedi Kebudayaan Jawa.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2948085630599104?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.