Inspiration

Inspirasi Falsafah Jawa: Hati Suci Itu Jalan Menuju Keselamatan Jiwa Raga, Bagaimanakah?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inspirasi falsafah Jawa yang ini indah sekali. Yang manakah? Dari pada penasaran, kita simak yuk!

Referensi pihak ketiga

Inspirasi falsafah Jawa nan indah itu dirumuskan begini. Ati suci marganing rahayu. Saya sendiri merasa lebih cocok kalau kata rahayu diubah menjadi karahayon. Maka rumusan falsafahnya menjadi seperti ini: Ati suci marganing karahayon. Apa arti dan maknanya?

Referensi pihak ketiga

Falsafah Jawa itu berarti hati yang suci adalah jalan menuju keselamatan jiwa dan raga kita. Ati suci adalah hati yang suci dan bersih disertai jiwa yang hening dan bening serta budi yang jernih. Siapa saja yang memiliki hati yang demikian dihindarkan dari amarah dan dendam. Bahkan ia akan lebih mengutamakan maaf dan pengampunan. Itulah sebabnya, hati yang suci menjadi jalan menggapai keselamatan jiwa dan raga.

Begitulah Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Bagaimana menurut Anda? Silahkan memberi komentar. Apa pun komentar Anda, pastikan terlahir dari hati yang suci agar menjadi jalan keselamatan bagi siapa saja yang membacanya.

Referensi pihak ketiga

Terima kasih. Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 14/6/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi haristepanus.wordpress.com/falsafah-jawa

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2590458789829510?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.