Inspiration

Inspirasi Falsafah Jawa: Ilmu Itu Diraih Dengan Dilakukan Dalam Perbuatan Dan Budi Pekerti

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inspirasi falsafah Jawa ini sangat cocok buat kita semua yang mau meraih kesejahteraan hidup dan berbudi pekerti luhur. Seperti apakah?

Referensi pihak ketiga

Inspirasi falsafah Jawa itu singkat satu kalimat. Ngelmu iku kalakone kanthi laku. Artinya, ilmu itu hanya dapat diraih dengan cara dilakukan dalam perbuatan. Namun kalimat singkat itu sebenarnya tidak berdiri sendiri. Ia terangkai dalam satu tembang Macapat, yakni tembang Pocung.

Referensi pihak ketiga

Sebagaimana dilansir di javanist.com, inilah versi selengkapnya menurut Serat Wedhatama karya Gusti Pangeran Adipati Arya Sri Mangkunegoro IV, Raja Surakarta.

Ngelmu iku kelakone kanthi laku, lekase lawan kas, tegese kas nyantosani, setya budya pangekese dur angkara.

(Ilmu itu hanya dapat diraih dengan cara dilakukan dalam perbuatan, dimulai dengan kemauan, artinya kemauan yang menguatkan, ketulusan budi dan usaha adalah penakluk kejahatan)

Itu hanyalah kutipan satu bait dari enam bait tembang Pocung tentang ngelmu iku kelakone kanthi laku. Seluruhnya berisi inspirasi dan motivasi tentang pentingnya seseorang menuntut ilmu secara tuntas. Ilmu itu tidak melulu hafalan, tapi dihidupi, dikuasai, dan dijalani serta diterapkan dalam kesungguhan di kehidupan sehari-hari. Nah ilmu yang dijalankan seperti iti pasti akan menjadi berkat dalam kehidupan siapa saja. Orang bertumbuh menjadi pribadi yang tak cuma omong doang melainkan kerja dan kerja nyata dengan disertai perubahan hidup yang berbudi pekerti luhur demi mengalahkan kejahatan!

Referensi pihak ketiga

Demikian inspirasi falsafah Jawa kali ini. Selamat mencoba demi peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 13/6/2018

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan Pocung sebagaimana dimuat di javanist.com

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1229137261943037?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.