Inspiration

Inspirasi Falsafah Jawa: Kehidupan Itu Berasal Dari Tuhan Dan Akan Kembali Kepada Tuhan

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Kehidupan itu berasal dari Tuhan dan akan kembali kepada Tuhan. Yang berasal dari Allah kembali kepada Allah.

Referensi pihak ketiga

Ternyata dalam falsafah Jawa hal itu juga menjadi salah satu inspirasi ajaran. Maka dirumuskanlah inspirasi falsafah Jawa: Urip iku saka Pangeran, bali marang Pangeran. Artinya persis sama dalam bahasa Indonesia: Kehidupan berasal dari Tuhan dan akan kembali kepada Tuhan.

Referensi pihak ketiga

Dalam Kitab Ayub, kita juga membaca ungkapan seruan itu. Saat musibah bertubi-tubi menimpa keluarga Ayub, Ayub bersujud dan berkata: “Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. Allah yang memberi, Allah yang mengambil, terpujilah nama Allah!” (Ayub 1:21). Menurutku, inspirasi falsafah Jawa dan inspirasi Kitab Ayub itu serupa. Keduanya menyadarkan kita bahwa kehidupan itu berasal dari Tuhan dan akan kembali kepada Tuhan. Yang berasal dari Allah kembali kepada Allah. Allah yang memberi, Allah yang mengambil, tak ada yang bisa menghalangi. Terpujilah namaNya.

Referensi pihak ketiga

Demikian, semoga bermanfaat. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

On flight from Batam to Semarang, 19/6/2018.

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2964332191408565?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.