Inspiration

Inspirasi Falsafah Jawa: Tuhan Berkuasa Mencipta Alam Dan Seluruh Isinya Semua Baik Adanya

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inspirasi falsafah Jawa ini cocok banget dengan sabda kebijaksanaan dan kehidupan yang direnungkan Umat Katolik di seluruh dunia pada hari Minggu Biasa XI ini seturut penanggalan liturgi Katolik Roma. Seperti apakah? 

Referensi pihak ketiga

Berikut ini ispirasi falsafah Jawanya: Pangeran iku kuwasa tanpa piranti, akarya alam saisine, kang katon lan kang ora kasat mata. Artinya: Tuhan berkuasa tanpa alat dan pembantu, mencipta alam dan seluruh isinya, yang tampak dan tidak tampak. Manakah hubungannya denga sabda kehidupan dan kebijaksanaan?

Sekali peristiwa Yesus mengajar di hadapan orang banyak, kata-Nya, “Beginilah hal Kerajaan Allah: Kerajaan Allah itu seumpama orang yang menaburkan benih di tanah. Malam hari ia tidur, siang hari ia bangun, dan benih itu mengeluarkan tunas, dan tunas itu makin tinggi! Bagaimana terjadinya, orang itu tidak tahu. Bumi dengan sendirinya mengeluarkan buah, mula-mula tangkai, lalu bulir, kemudian butir-butir yang penuh isi pada bulir itu. Apabila buah itu sudah cukup masak, orang itu segera menyabit, sebab musim menuai sudah tiba.”

Alam semesta tumbuh dalam kuasa Tuhan semata. Kita hanya bisa menikmati hasilnya. Proses terjadinya seperti apa, itu urusan Tuhan. Nah, manusia diajak untuk percaya bahwa ada daya kekuatan Ilahi di balik semua pertumbuhan itu. Semua itu tak melulu bersifat alamiah, melainkan ada tangan Ilahi yang memberi rahmah dan barokah. Hanya satu yang dituntut dari manusia, yakni percaya akan karya kasihNya yang selalu di luar pengertian kita. Namun kita dipanggil pula untuk sedapat-dapatnya mampu mengerti, menjelaskan dan mempertanggungjawabkannya.

Demikian, salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Bandara Internasional Semarang, 17/6/2018

Sumber: refleksi pribadi.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3073294926498955?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.