Inspiration

Inspirasi Falsafah Jawa: Tuhan Menggunakan Apa Saja Untuk Menyatakan KemulianNya

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Tuhan bisa menggunakan apa saja untuk menyatakan KemulianNya. Yang bisa menjadi utusanNya bukan hanya manusia. Begitulah inspirasi falsafah Jawa. Bagaimana persisnya?

Referensi pihak ketiga

Inilah inspirasi falsafah Jawa yang menyatakan bahwa yang bisa menjadi utusan Tuhan itu bukan hanya manusia. Rumusan falsafah Jaw itu begini: Sing bisa dadi utusaning Pangeran iku ora mung jalma manungsa wae. Yang bisa menjadi utusan Tuhan bukan hanya manusia saja. Lalu siapa atau apa saja yang bisa menjadi utusanNya? Untuk apa?

Pertama, Tuhan mengutus para malaikatNya untuk menjaga dan membantu manusia. Tujuannya agar manusia selalu terarah kepada Tuhan melalui para malaikatNya.

Kedua, Tuhan menjadikan alam semesta sebagai utusanNya. Tujuannya agar manusia menggunakan alam semesta sebagai sarana untuk memuji dan memuliakan namaNya.

Itulah menurutku, makna inspirasi falsafah Jawa Sing bisa dadi utusaning Pangeran iku ora mung jalma manungsa wae. Bagaimana menurut Anda?

Salam peradaban kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Di atas Feri-Batam Express, 18/62018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4207736366288573?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.