Inspiration

Inspirasi Kearifan Lokal Falsafah Jawa: Dalam Diri Manusia Itu Terdapat Sifat-Sifat Tuhan

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Menarik sekali melanjutkan refleksi inspirasi kearifan lokal falsafah Jawa terkait dengan relasi antara manusia dan Tuhan, Tuhan dan manusia. Khususnya, terkait dengan sifat-sifat Tuhan yang seharusnya ada dalam diri manusia. Yuk kita simak bersama.

Referensi pihak ketiga

Inspirasi kearifan lokal falsafah Jawa mengatakan: Manungsa iku kanggonan sipating Pangeran. Di dalam manusia terdapat sifat-sifat Tuhan. Dalam artikel saya sebelum ini yang berjudul “Inspirasi Kearifan Lokal Falsafah Jawa Ini Menyatakan Bahwa Manusia Itu Secitra WajahNya” (lihat tz.ucweb.com/6_3DaQy), sudah kita lihat bahwa dalam diri manusia terpateri pula sifat-sifat Tuhan. Nah, falsafah berikut ini menegaskan kembali hal itu. 

Referensi pihak ketiga

Manungsa iku kanggonan sipating Pangeran. Di dalam manusia terdapat sifat-sifat Tuhan. Sifat-sifat Tuhan yang utama adalah kudus dan suci, penuh kasih dan kerahiman, pengampun, panjang sabar dan setia, murah hati, adil dan selalu baik kepada siapa pun tanpa diskriminasi. Tentu Tuhan yang Mahakuasa dan tak terbatas serta tak tertandingi dalam semua sifatNya tak dapat terlukiskan secara tuntas dalam bahasa manusia. 

Namun syukur kepada Tuhan bahwa Tuhan menganugerahkan sifat-sifatNya yang positif kepada manusia sebagai makhlukNya yang diciptakan secitra dengan CitraNya. Justru karena itulah maka manusia mendapat tugas dalam kelemahan dan keterbatasanNya untuk memancarkan sifat-sifat positif Tuhan. Kearifan lokal falsafah Jawa ini dalam arti tertentu hendak mengingatkan kita untuk sadar bahwa di dalam diri manusia tedapat sifat-sifat Tuhan. Karena itu, adalah berlawanan dengan kehendak Tuhan bila kita hidup berlawanan dengan sifat-sifat Tuhan sendiri.

Referensi pihak ketiga

Demikian Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Semoga bermanfaat. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita dengan segala sifat-sifatNya yang terpancar dalam hidup kita.***

Biara OCD Yogya, 22/6/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2521973780077997?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.