Inspiration

Inspirasi Sukses Bukan Dengan Banyak Bicara Tetapi Bekerja Demi Keadilan Dan Kesejahteraan

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi motivasi kehidupan yang sukses dalam arti yang sebenarnya. Inspirasi dan motivasi sukses itu bukan tertuju pada egoisme pribadi dan kelompok, melainkan tertuju bagi keberhasilan hidup bersama yang dibangun dalam keadilan dan kesejahteraan. Seperti apakah?

Referensi pihak ketiga

Inspirasi dan motivasi sukses (keberhasilan) ini dapat kita timba dari sosok kehidupan dan komitmen pelayanan seorang lelaki bernama Joko Widodo. Ia dikenal dengan sebutan Jokowi. Beliaulah Presiden Republik Indonesia sejak Pilpres 2014 lalu. Siapa yang tidak mengenal beliau? Ternyata, yang dilakukan Jokowi persis seperti yang dikatakan Ki Hajar Dewantara!

Khusus bagi Presiden Jokowi, hanya dalam separuh jalan periode kepemimpinannya yang lima tahun (2014-2019), Presiden Jokowi telah menunjukkan bukti-bukti keberhasilan yang tertuju kepada rakyat dan bangsa berlandaskan kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dahsyat dan keren, penuh inspirasi dan motivasi. Itulah yang terrancang dalam Nawacita dan terus diwujudkan bukan dengan perkataan melainkan pekerjaan.

Referensi pihak ketiga

Revolusi mental keberhasilan dalam perspektif kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan bangsa, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia ditandai dan ditopang dengan karya nyata. Tak hanya bicara, melainkan bekerja dan bekerja demi keberhasilan pembangunan yang menyejahterakan dan berkeadilan. Lihatlah contohnya, dari 12 ribu desa yang belum teraliri listrik dan lebih dari 3 ribu di antaranya ada di Papua, hanya dalam waktu dua setengah tahun saja, pelahan tapi pasti, kini, listrik sudah menyala di desa mereka. Kini, banyak desa sudah terang benderang dan sebagian lagi sedang dalam proses menuju penerangan listrik itu.

Inspirasi dan motivasi kerja yang lain, misalnya, tampak dalam fakta ini. Banyak daerah yang rakyatnya harus berjalan berhari-hari hanya sekedar untuk berobat dari desanya ke desa lain dengan harus mengarungi ganasnya hutan dan sulitnya jalan yang hancur karena hujan atau infrastuktur yang tak memadahi, kini, ribuan kilometera jalan besar dan mulus bisa ditempuh, sehingga saudari-saudara kita di Papua bisa saling mengunjungi dalam waktu beberapa jam saja. Bahkan, harga BBM di beberapa tempat di daerah terpencil kini sudah sama dengan harga di kota besar. Padahal, sebelumnya, selama puluhan tahun, selisih harga BBM bisa mencapai puluhan ribu rupiah bahkan ratusan ribu rupiah di saat cuaca buruk.

Inspirasi dan motivasi sukses bukan untuk diri sendiri dan kelompoknya bergema di sudut-sudut Nusantara karena berbuah kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang sejahtera. Simaklah, sekarang ini, sejumlah waduk besar dibangun bersamaan untuk mengaliri sawah-sawah supaya satu waktu kita bisa mencapai ketahanan dan kemandirian pangan. Belum lagi, bandara-bandara baru, pos perbatasan yang megah, ribuan kilometer jalur kereta api yang sedang dirancang dan jalur-jalur tol yang panjang untuk rakyat. Semua itu menjadi bukti inspirasi dan motivasi kerja dan kerja tak hanya bicara. Proyek-proyek mangkrak diperhatikan dan dilanjutkan demi rakyat, hanya demi rakyat!

Inilah inspirasi dan motivasi sukses tanpa hanya oleh kata-kata mengiba cengeng belaka apalagi penuh fitnah dan prasangka, melainkan oleh kerja nyata untuk bangsa. Mestinya, ini memberi inspirasi dan motivasi bagi siapa saja yang mengaku cinta Indonesia. Minimal, mulailah dari diri sendiri untuk bekerja dan bekerja demi keadilan dan kesejahteraan, bukan demi menumpuk harta bagi diri sendiri dan keluarga, apalagi dengan jalan-jalan korupsi! Tidak! Sungguh sangat memberi inspirasi dan motivasi sukses yang dahsyat dan keren banget!

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Kucatat dan kurefleksikan semua itu dan kukembalikan sebagai hadiah di hari ulang tahun Presiden Jokowi hari ini, 21 Juni 2018. Kebetulan saja, HUT Presiden Jokowi sama dengan Pesta Nama Katolikku dalam perlindungan St. Aloysius, yang juga terus bekerja dan bekerja demi melayani kaum papa miskin dan duafa, agar mereka sejahtera. Bahkan, Aloysius rela bekerja dan bekerja tanpa pernah mempedulikan dirinya sendiri hingga nyawa merenggutnya di usia muda namun mulia sebab Aloysius telah memberi inspirasi dan motivasi bagi siapa saja untuk bekerja demi keadilan dan kesejahteraan hidup bersama.

Selamat Ulang Tahun Pak Jokowi. Salam peradaban kasih. Terima kasih telah memberi inspirasi dan motivasi sukses untuk bangsa. Tuhan memberkati kita semua, memberkati bangsa kita untuk semakin berkemanusiaan yang adil dan beradab, dalam persatuan Indonesia, serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia atas dasar musyawarah mufakat dan berlandaskan Ketuhanan Yang Maha Esa.***

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 21/6/2018.

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi broadcast tulisan Denny Siregar di medsos.

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1411778537075431?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.