Inspiration

Tuhan Itu Ada Di Mana-Mana Bahkan Dalam Dirimu, Tapi Jangan Pernah Mengaku Sebagai Tuhan!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inspirasi kearifan lokal falsafah Jawa ini menyadarkan siapa saja bahwa Tuhan itu tak dibatasi ruang dan waktu karena Tuhan selalu ada beserta kita di mana pun. Bahkan Tuhan juga berada dalam diri kita. Dialah Sang Emmanuel. Namun hati-hati, mengapa dan seperti apakah?

Referensi pihak ketiga

Selengkapnya kearifan lokal falsafah Jawa itu rumusannya seperti ini. Pangeran iku ana ing ngendi papan, aneng siro uga ana pangeran, nanging aja siro wani ngaku pangeran. Terjemahan harafiahnya: Tuhan ada di mana saja, di dalam dirimu juga ada, namun kamu jangan berani mengaku sebagai Tuhan.

Nah, kearifan lokal ini mengajak siapa saja menyadari bahwa Tuhan tak terbatasi ruang dan waktu. Tuhan berada di mana saja, termasuk di dalam diri kita. Maka jangan pernah takut, sebab Tuhan selalu beserta kita. Namun hati-hati, justru karena Tuhan berada dalam diri kita, maka diri kita harus memancarkan sifat-sifatNya dalam kasih, kelembutan dan kemurahan hati. Juga hati-hati, kendati Tuhan hadir dalam dirimu, jangan berani-berani mengaku sebagai Tuhan.

Referensi pihak ketiga

Inspirasi kearifan lokal ini di satu pihak meneguhkan iman kita – apa pun agama dan kepercayaan kita – bahwa Tuhan selalu dekat dengan kita. Bahkan Tuhan menyertai hidup kita. Akan tetapi, kearifan falsafah Jawa ini juga mengingatkan kita untuk rendah hati dan menyadari jatidiri kita sebagai manusia yang lemah, rapuh, ringkih dan terbatas. Makan sebagai manusia, jangan pernah berani mengaku diri sebagai Tuhan.

Referensi pihak ketiga

Demikian makna kearifan lokal falsafah Jawa ini. Semoga bermanfaat. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan yang selalu berada di mana-mana bahkan di dalam diri kita memberkati kita di mana pun berada.***

Otw to Jogya, 22/6/2018

Sumber: refleksi pribadi.

Sumber http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/728751123519350?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=app_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.