Inspiration

Berputarnya Laksana Roda, Kehidupan Berubah, Entah Dalam Posisi Apapun, Bersyukurlah!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Melihat dokar bergerak tertarik daku mengamati rodanya yang berputar. Itu membawaku spontan teringat dua kearifan lokal falsafah Jawa berikut ini yang memiliki makna yang serupa. Tahukah Anda, mengapa? Inilah jawabannya. Mari kita simak.

Referensi pihak ketiga

Yang pertama, cakra manggilingan. Artinya, kehidupan manusia akan seperti roda yang selalu berputar, kadang di bawah kadang di atas. Kadang pula berada di samping. Namun di mana pun berada, asal tetap menyatu pada pusatnya, tak akanlah manusia binasa. Maka, nikmatilah saja di mana pun berada sambil tetap berpegang pada yang menjadi pusat kehidupan. Pusat itu tak lain adalah Tuhan sendiri, sebagao Sangkan Paraning Dumadi..

Referensi pihak ketiga

Nah, dalam situasi itu, hal yang kedua yang terkait dengan yang pertama harus diingat pula. Yakni, zaman iku owah gingsir. Artinya, zaman akan selalu mengalami perubahan. Perubahan itu bisa positif yakni dengan kemajuan-kemajuan dan keberhasilan; namun bisa pula dengan kemunduran-kemunduran atau kegagalan. Entah berhasil entah gagal, entah maju entah mundur; semua harus diterima dengan penuh syukur.

Referensi pihak ketiga

Maka, hati, batin dan jiwa harus terus dijaga untuk tetap seimbang. Jangan lupa daratan saat memperoleh keberhasilan. Jangan pula minder dan merasa tak berguna saat mengalami kegagalan. Setiap perubahan seperti apa pun harus diterima dengan penuh syukur. Semakin kita mampu bersyukur dalam suka maupun duka, sehat maupun sakit, hidup maupun mati.

Begitulah makna spontan kearifan lokal itu bagi kita. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

Girlan Ungaran, 1/7/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1938183825113040?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.