Inspiration

Dahsyatnya Inspirasi Menjaga Kesejahteraan Dengan Kasih, Berani Coba?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Perdamaian dan kesejahteraan yang terdapat dalam memayu hayuning bawana itu tak bisa dilepaskan dari cinta kasih. Kearifan lokal tembang Jawa ini memberi inspirasi dan motivasi tentang hal ini. Kita diajak menyadari diri sebagai utusan Tuhan menjaga kesejahteraan. Musuhnyanada dalam diri sendiri. Kita simak yuk.

Referensi pihak ketiga

Engeta kita sadarum, dadya dhutaning Hyang Widhi, tumitah ing madya pada, manganyu hayuning bumi, ateteken sih katresnan, hambirat sang satru sekti. (Kinanti Subakastawa: Dutaning Hyang Widhi, bait 2)

Tembang Kinanti Subakastawa Dutaning Hyang Widhi itu merupakan salah satu tembang spiritual bagi para pelaku mistik kejawen. Makna tembang itu sangat mendalam. Manusia diingatkan hendaknya semua selalu eling (ingat dan sadar) bahwa manusia adalah utusan Tuhan. Diciptakannya manusia di dunia ini mempunyai tugas penting yakni harus memayu hayuning bawana.

Referensi pihak ketiga

Yang luar biasa dari inspirasi dan motivasi tembang ini adalah bahwa memayu hayuning bawana itu erat terkait dengan cinta kasih. Maka agar manusia bisa mengemban tugas menjaga keseimbangan sesama dan semesta, ia harus selalu perpegang pada cinta kasih. Cinta kasih penting dalam menghadapi lawan. Lawan dihadapi bukan dengan kebencian tetapi dengan cinta kasih.

Referensi pihak ketiga

Inilah inspirasi dan motivasi utama dari kearifan lokal dalam tembang ini. Siapa pun kita, apa pun agama dan kepercayaan kita, pastinya terinspirasi dan termotivasi untuk mewujudkannya. Indah sekali bila bisa demikian. Salam peradaban kasih. Terima kasih. Tuhan memberkati kita semua.***

JoharT Wurlirang, 9/7/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Ilmu Slamet (2018:223-224)

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1477898042409757?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.